EFFECT OF OWNERSHIP OF BLOCKHOLDER, INTANGIBLE ASSETS, AND COMPANY SIZE ON COMPANY VALUE

Michelle Priscillia Putri, Lusy Lusy

Abstract

Company value is the basis for investors' views of the company's success rate in managing and allocating its resources. The purpose of this study was to determine the effect of blockholder ownership, intangible assets and company size on company value as proxied by Price Earning Ratio (PER). The object of this research is the food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the IDX for the 2016-2019 period. The analytical method used in this research is multiple linear regression analysis. The results showed that blockholder ownership had a positive and significant effect on company value, intangible assets had no effect on company value, and firm size had a positive and significant effect on company value. Simultaneously the independent variables in this study have a significant effect on the dependent variable.

Keywords: Blockholder Ownership, Intangible Assets, Company Size and Company Value.

Full Text:

PDF

References

Dewi, A.A.A.K. dan I.B. Badjra. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Aktiva Tidak Berwujud, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Unud. 6(4): 2161-2190.

Fanani, Z., dan Y. Hendrick. 2016. Struktur kepemilikan dan Nilai Perusahaan. Iqtishadia. 9 (1): 99-122.

Glova, J., dan S. Mrazkova. 2018. Impact of Intangibles on Company value: An Empirical Evidence from European Public Companies. Ekonomicky Casopis. 66(7): 665-680.

Hersugondo. 2018. Struktur Kepemilikan dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Jasa Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papers Unisbank (Sendi_U) Ke-4. 25 Juli 2018. Semarang : 805-812.

Husnan, S. dan E. Pudjiastuti. 2015. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ketujuh. Unit Penerbit dan Percetakan (UPP STIM YKPN). Yogyakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan. Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Akuntasi. 2(10): 333-348.

Jufrizen dan I.N.A. Fatin. 2020. Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Return On Assets Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Humaniora. 4(1): 183-195.

Kesaulya, F.A., dan N. Febriany. 2018. Pengaruh Diversitas Kebangsaan Board of Director dan Kepemilikan Blockholders terhadap Nilai Perusahaan: Studi pada Perusahaan Publik di Indonesia. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi. 16(2): 60-68.

Kombih, M.T. dan N. Suhardianto. 2017. Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Kinerja Keuangan, dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 1(3): 281-302.

Languju, O. (2016). Pengaruh Return On Equity, Ukuran Perusahaan Price Earning Ratio dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Proferti And Real Estate Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiens. 2(16): 387-398.

Mahardikai, D.F. dan F. Ismiyanti. 2021. The Effect of Financial and Non-Financial Variables On Underpricing. European Journal of Economics and Financial Research. 4(4): 65-81.

Michelia, M.Y. 2020. Pengaruh Aset TakBerwujud dan Kepemilikan Blockholder Manajemen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Skripsi. Fakultas Bisnis. Universitas Katolik Widya Mandala. Surabaya.

Murat, O. dan F. Derya. 2019. The Impact of Intangible Assets and Sub-Components of Intangible Assets on Sustainable Growth and Company value: Evidence from Turkish Listed Firms. Sustainability: MDPI. 11(5359): 1-23.

Murhadi, W.R. 2013. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Cetakan Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Novari, P.M dan P.V. Lestari. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Real Estate. E- Jurnal Manajemen Unud. 5 (9): 5671-5694.

Pertiwi, P.J., P. Tommy, dan J.R. Tumiwa. 2016. Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Proitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA. 4 (1): 1369-1380.

Primastiwi, A., S. Ayem, dan Saeful. 2021. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia (JIAFI). 4(2): 95-110.

Rahayu, M., dan B. Sari. 2018. Kepemilikan Institusional, Manajemen Laba Dan Leverage Terhadap Kinerja Perusahaan. Agregat: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2 (1): 67-78.

Ramdhonah, Z., I. Solikin, dan M. Sari. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. 7 (1): 67-82.

Ross, A Stephen. 1973. The Economic Theory of Agency: The Pricipal‟s Problem. American Economics Review. 63(2): 134-139. Teori Keagenan.

Subaida, I. dan L.P. Sari. 2021. Intangible Assets, Research & Development Intensity, and Company value with Firm Performance as an Intervening Variable. Proceedings of the 7th Regional Accounting Conference (KRA 2020). Advances in Economics, Business and Management Research. 19 April 2021. Vol. 173. Hal: 9-15.

Thomsen, S., Pedersen, T., & Kvist, H. K. 2006. Blockholder ownership: Effects on company value in market and control based governance systems. Journal of Corporate Finance: Elsevier. 12(2): 246–269.

Ukhriyawati, C.F. dan R. Dewi. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Equlibiria. 6(1): 1-14.

Wiagustini, N.L.P. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Udayana Unity Press. Bali.

Wulandari, E., Rinofah R., & Mujino, M. 2019. Pengaruh Intangible Aset, Debt to Equity Ratio, dan Return on Asset terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014- 2018. Journal of Management and Business, 2019, 2 (2): 86-96.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.