STRATEGIES FOR INCREASING THE COMPETITIVENESS OF MICRO SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSMEs) IN BANYUMAS DURING THE COVID-19 PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.29040/ijebar.v5i3.3359Abstract
References
Ariani, dkk (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol.13 No.2 .
Hafni, R., & Rozali, A.(2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi Dan Studin Pembangunan, 15(2), 77–96. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/ 1034/pdf_58.
Hardilawati, Wan Laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, Vol. 10 No. 1, Juni 2020.
Hunter, L. & Lean, J . (2014). Investigating the Role of Entrepreneurial Leadership and Social Capital in SME Competitiveness in the Food and Drink Industry. The International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 15 (3,August), 179-190(12).
Ikhsani, Mastur Mujib. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Banyumas. Penelitian pemula 2020 Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Khaeruddin, Gina Nurushohifa, dkk. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM di Masa Pandemi covid-19 (studi kasus pedagang kaki lima di Desa Bantar Jaya Bogor). Jurnal Akrab Juara, Vol. 5 No.4 Edisi November 2020 (86-101).
Lantu, Donald Crestofel, Mochamad Sandy T riady , Ami Fitri Utami , Achmad Ghazali. (2016) Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 2016,77-93
Nagy, T .O . (2016). SME Sector, A Crucial Area of The Corporate Competitiveness Measurement. Gradus, 3 (1), 446-453. ISSN 2064-8014.
Nasution, Latipah. (2020). Efektifitas HKI Sebagai Pelindung Industri Kreatif dan UMKM di Tengah Pandemi covid-19. ‘ADALAH’ buletin hukum dan keadilan, Vol. 4 No. 1 (2020).
Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Graedia, Jakarta.
Sugiyono.(2006).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&.D.Bandung:Alfabeta.
Suliyanto. (2005). Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Bogor: Ghalia. Indonesia.
Susilo,Y., Sri. (2012) Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Dalam Menghadapi Implementasi CAFTA dan MES.Buletin Ekonomi. ISSN 1410-2293
kementerian UMKM Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia: Data UMKM tahun 2016 - 2018.
Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995, Tentang Usaha Kecil
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah
Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009, Tentang Kesejahteraan Sosial.