STIMULASI PENINGKATAN MODAL USAHA MELALUI KESADARAN BERKOPERASI DESA TALANG PAUH BENGKULU TENGAH

Ririn Nopiah, Merri Anitasari, Muhammad Rusdi

Abstract

Kebutuhan akan modal usaha masih menjadi salah satu kendala utama bagi para wirausaha desa. Selain itu, layanan pinjaman lembaga keuangan masih dianggap memiliki akses yang sulit dan banyaknya syarat administrasi yang sehingga masyarakat desa cenderung tidak memiliki kelengkapan administrasi tersebut. Desa Talang Pauh, Bengkulu Tengah menjadi salah satu desa yang memiliki problematika dalam hal kurangnya akses modal bagi para wirausaha. Sehingga tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan kesadaran kepada warga desa akan pentingnya peranan pembentukan koperasi sebagai kemudahan akses permodalan bagi warga desa yang dapat dikelola dari oleh dan untuk warga desa tersebut. Selain itu, pemberian motivasi tentang pembentukan koperasi di Desa Talang Pauh sebagai upaya agar warga desa dapat memanfaatkan program tersebut dengan tepat, efektif, akuntabel dan kompeten. Untuk itu, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unibersitas Bengkulu akan melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk sosialisasi dan motivasi tentang peranan penting pembentukan koperasi sebagai upaya stimulasi modal kerja bagi para wirausaha di Desa Talang Pauh Bengkulu Tengah. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan dilaksanakan bulan Maret 2023 di Kantor Desa Talang Pauh, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah.

Full Text:

PDF

References

Arifandy, Fiqih Putra., Norsain., Firmansyah, Imam Darul. (2020). Peran Koperasi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Nelayan : Prespekktif Modal Kerja. Jurnal Akademi Akuntansi. Vol. 3(1), pp.118-132.

Astri Ken Palupi, & Anis Chariri. (2011). Pengaruh Ukuran Koperasi dan

Jenis Koperasi terhadap Kualitas Sistem Pengendalian Intern (Studi Kasus

Pada Koperasi di Purworejo ). Universitas Diponegoro.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Tengah. (2022). Kecamatan Pondok Kelapa dalam Angka. Bengkulu

Fatimah dan Darna. (2011). Peranan Koperasi Dalam Mendukung Permodalan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 127–138.

Kusmiati, Ety., Hernawaty., Malinda, Shelfi., Yusriana. (2018). Kegiatan studi penguatan lembaga koperasi pada masyarakat petani garam di kawasan pesisir pantai. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 01(13), 110–141.

Nopiah, R., & Islami, P. A. (2018). Dampak Sosial-Ekonomi Koperasi Difabel dan Perwujudan Microfinance Access. Jurnal Inklusi, Vol.5(2), 217. https://doi.org/10.14421/ijds.050204

Sarker, D. (2013). Microfinance for Disabled People. Research Journal of Finance and Accounting, 4(9), 118–125. https://doi.org/10.7176/rjfa/4-9-118

Wulandari, Rina Dwi., Alam, Hendri Nur.(2020). Penerapan Koperasi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kelurahan 2 Ulu Kota Palembang. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.2(2), pp. 119–122.

_____. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.