MENINGKATKAN KUALITAS PENGEMASAN PRODUK DAN LABELLING PADA USAHA KERIPIK UBI IBU JURIA

Maryati Maryati, Bella Sari Gultom, Dwi Agustina, Jhony Hasianus Sinaga, Kayla Dzakira, Sukmawati Sukmawati, Sulaiman Latif

Abstract

One of the potentials that can be developed in Gunung Kijang Village, Bintan Regency is the MSME industrial sector (Micro, Small and Medium Enterprises). One of the MSMEs in Gunung Kijang Village is Ms. Juria's MSME, which produces sweet potato chips. The packaging for Ibu Juria's sweet potato chips is relatively simple, using only ordinary plastic and burning it with a candle and still does not have a label to identify the product. The sample of this research is Ms. Juria's sweet potato chips. This study uses data collection methods and facts that are complete, relevant, and objective. The type of data used is primary data in the form of interview results while secondary data is quoted from books and journals. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Research with a simple descriptive design involving a question asking about certain subject matters such as product packaging and product labeling.
Keywords: Industrial sector, MSME, Sweet potato chips, Packaging, Labelling

ABSTRAK
Salah satu potensi yang dapat dikembangkan di Desa Gunung Kijang Kabupaten Bintan adalah sektor industri UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Adapun UMKM yang ada di Desa Gunung Kijang salah satunya adalah UMKM milik ibu Juria yang memproduksi keripik ubi. Pengemasan produk keripik ubi ibu Juria ini tergolong sederhana yang hanya menggunakan plastik biasa dan dibakar dengan lilin dan masih belum memiliki label sebagai identitas dari produk tersebut. Adapun sampel dari penelitian ini yaitu UMKM keripik ubi ibu Juria. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan fakta yang lengkap, relevan, dan objektif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang berupa hasil wawancara sedangkan data sekunder yang dikutip dari buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dengan desain deskriptif sederhana yang menyangkut suatu pertanyaan yang menanyakan hal mengenai pokok permasalahan tertentu seperti kemasan produk dan pelabelan pada produk.
Kata Kunci : Sektor industri, UMKM, Keripik ubi, Kemasan, Pelabelan

Full Text:

PDF

References

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.20414/society.v6i1.1462

Putra, N. N. (2020). Analisis Jenis Dan Desain Kemasan Snack Keripik Singkong Terhadap Minat Beli Konsumen. E-Jurnal Tata Boga, 9(2), 701–707. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/35681

Susetyasari T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.