PENTINGNYA PEMASARAN DAN BRANDING BAGI PARA PELAKU UMKM (STUDI KASUS PELAKU UMKM DESA TOAPAYA SELATAN)
Abstract
Keywords : Marketing, Branding, Logo and MSMEs
ABSTRAK
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. UMKM tidak terpengaruh oleh tekanan eksternal sehingga mampu bertahan dan tumbuh ketika krisis melanda tahun 1998. Pemasaran adalah kemampuan seseorang ataupun suatu usaha manajerial yang membuat seseorang atau suatu kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan melakukan penawaran maupun melakukan pertukaran produk kepada pihak lain yang berharga [5]. Salah satu media digital marketingyang sering digunakan adalah Googe Bisnis. Metode kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi kepada para pelaku UMKM dalam menyusun rencana pemasaran yang baik dan efektif serta memberikan informasi mengenai bagaimana masarkan produk secara online maupun offline serta memberikan pemahaman bagaimana membuat suatu branding produk agar bisa dikenal oleh banyak konsumen. Hasil dari pengabdian mendapatkan hasil yang baik oleh peserta yang ikut dalam kegiatan bazar yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN STIE Pembangunan Tanjungpinang.
Kata kunci : Pemasaran, Branding, Logo dan UMKM
Full Text:
PDFReferences
F. Oktaviani, Y. Sariwaty, D. Rahmawati, A. G. Nf, and D. R. N, “Penguatan Produk UMKM ‘ Calief ’ Melalui Strategi Branding Komunikasi,” vol. 1, no. 2, pp. 348–354, 2018.
R. Haryanto, A. Pebriyanto, and P. N. Banjarmasin, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI,” vol. 2, 2020.
M. I. Firdaus, P. N. Azizah, and R. Sa, “PENTINGNYA DIGITAL MARKETING SEBAGAI,” Graha Pengabdi., vol. 4, 2022.
M. Hubeis, B. Purwanto, F. R. Dewi, H. Widyastuti, and M. Febtyanisa, Daya Saing dan Prospek UMKM Pengolahan Pangan Lokal. 2018.
A. S. Maulana, Kewirausahaan (Entrepreneurship) Dalam Pandangan Islam (Historis-Politik dan Ekonomi). 2020.
B. D. Prasetyo and N. S. Febriani, Strategi Branding teori dan perspektif komunikasi & bisnis. malang, 2020.
A. M. Cholil, 101 Branding Ideas Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.