PENTINGNYA PEMASARAN DAN BRANDING BAGI PARA PELAKU UMKM (STUDI KASUS PELAKU UMKM DESA TOAPAYA SELATAN)

Muhammad Rizki, Fatahuddin Fatahuddin, Suriyati Suriyati, Oktario Saputra, Wahyu Rizki R, Heryanto Heryanto, M. Oji Akbar, M. Ramadhan, Lili Lili, Saras Pravita N., Irsyadi Syukri, Rezeky Dwi J., Asrhie Kurnia N., Tri Melda H.

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important role in improving the Indonesian economy. MSMEs were not affected by external pressures so they were able to survive and grow when the crisis hit in 1998. Marketing is the ability of a person or a managerial effort to make a person or a group obtain what they want by offering or exchanging products with other valuable parties. The digital marketing media that is often used is Google Business. The method of activity carried out is outreach to MSME actors in preparing good and effective marketing plans and providing information on how to market products online and offline and providing an understanding of how to make a product branding so that it can be recognized by many consumers. The results of the service got good results by the participants who took part in the bazaar activities carried out by students of the STIE Pembangunan Tanjungpinang KKN.
Keywords : Marketing, Branding, Logo and MSMEs
ABSTRAK
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. UMKM tidak terpengaruh oleh tekanan eksternal sehingga mampu bertahan dan tumbuh ketika krisis melanda tahun 1998. Pemasaran adalah kemampuan seseorang ataupun suatu usaha manajerial yang membuat seseorang atau suatu kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan melakukan penawaran maupun melakukan pertukaran produk kepada pihak lain yang berharga [5]. Salah satu media digital marketingyang sering digunakan adalah Googe Bisnis. Metode kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi kepada para pelaku UMKM dalam menyusun rencana pemasaran yang baik dan efektif serta memberikan informasi mengenai bagaimana masarkan produk secara online maupun offline serta memberikan pemahaman bagaimana membuat suatu branding produk agar bisa dikenal oleh banyak konsumen. Hasil dari pengabdian mendapatkan hasil yang baik oleh peserta yang ikut dalam kegiatan bazar yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN STIE Pembangunan Tanjungpinang.
Kata kunci : Pemasaran, Branding, Logo dan UMKM

Full Text:

PDF

References

F. Oktaviani, Y. Sariwaty, D. Rahmawati, A. G. Nf, and D. R. N, “Penguatan Produk UMKM ‘ Calief ’ Melalui Strategi Branding Komunikasi,” vol. 1, no. 2, pp. 348–354, 2018.

R. Haryanto, A. Pebriyanto, and P. N. Banjarmasin, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI,” vol. 2, 2020.

M. I. Firdaus, P. N. Azizah, and R. Sa, “PENTINGNYA DIGITAL MARKETING SEBAGAI,” Graha Pengabdi., vol. 4, 2022.

M. Hubeis, B. Purwanto, F. R. Dewi, H. Widyastuti, and M. Febtyanisa, Daya Saing dan Prospek UMKM Pengolahan Pangan Lokal. 2018.

A. S. Maulana, Kewirausahaan (Entrepreneurship) Dalam Pandangan Islam (Historis-Politik dan Ekonomi). 2020.

B. D. Prasetyo and N. S. Febriani, Strategi Branding teori dan perspektif komunikasi & bisnis. malang, 2020.

A. M. Cholil, 101 Branding Ideas Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.