Optimalisasi Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Z Sebagai Calon Wajib Pajak Sebagai Upaya Menumbuhkan Kepatuhan Perpajakan Pada Siswa-Siswi SMK Setia Negara

Ade Maya Saraswati, Rizqa Zidnia, Mulyaning Wulan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ditujukan kepada siswa-siswi SMK Setia Negara. Indonesia akan menghadapi bonus demografi dan berdasarkan data dari BPS (2020) disebutkan bahwa komposisi penduduk di Indonesia didominasi oleh Generasi Z. Jumlah tenaga kerja produktif perlu disikapi mulai dari sekarang, yaitu pendidikan tentang kesadaran pajak yang dimulai dari bangku sekolah. Sehingga diperlukan pelatihan atau pemberian edukasi terkait perpajakan agar dapat membangun kesadaran Perpajakan bagi siswa-siswi SMK sebagai calon pekerja. Tujuan Pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa siswi SMK sebagai calon pekerja untuk patuh terhadap ketentuan perpajakan. Pelaksaaan dilakukan secara tatap muka dengan cara presentasi dengan target kepada siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Berdasarkan hasil post-test terjadi peningkatan penilaian atas pertanyaan terkait perpajakan yang diajukan oleh pihak panitia PKM

References

Ali Subhan Afrizal, S.T., M. K. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Pajak Sebagai Media Edukasi Perpajakan Kepada Masyarakat. 10(2), 18–29.

APBN. (2021). APBN Kita. https://www.kemenkeu.go.id/apbnkita

BPS. (2021). Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020. Diakses dari https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Budiati, I., D. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acde-buku-profil-generasi-milenia.pdf

Darmian L, N. (2021). Optimalisasi Edukasi Perpajakan Melalui Konten Digital sebagai Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Yogyakarta). LITERA: Jurnal Literasi Akuntansi, 1(1), 75–82.

Direktorat Jenderal Pajak. (2023). Sekilas tentang Direktorat Jenderal Pajak. https://edukasi.pajak.go.id/

DJP Kanwil Jakarta Selatan II. (2021). Generasi Muda Sadar Pajak Berkreasi Membangun Negeri.

Kedang, K. K., & Suryono, B. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(5), 1–17.

Nurjanah, R. (2022). Kontribusi Pajak dalam Menopang APBN 2022. https://konsultanpajaksurabaya.com/kontribusi-pajak-dalam-menopang-apbn-2022

Salsa Billa Putri Fahri, A. I. M. (2021). Optimalisasi Kesadaran Membayar Pajak Bagi Pemuda Melalui Platform Media Sosial Di Era New Normal. 3(1), 77–90.

Sama, H., Itan, I., Amanda, N., & Linardo, V. (2022). Media Untuk Optimalisasi Edukasi Perpajakan. 4, 161–168.

Wuarmanuk, B. M. (2019). Questioning the E-Invoicing System, Tax E-Billing & E-Filling Systems against Amount of VAT Receipt [Menyoal Sistem E-Faktur, Kanal E-Billing Pajak & E-Filling Terhadap Jumlah Penerimaan PPN. Roceeding of Community Development 2, 532–546.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.