PEMBUATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI DI SEKOLAH DASAR IT HIKMATUL FADHILLAH

Ibnu Rusydi, Sri Wahyuni

Abstract

Sekolah Islam Terpadu Hikmatul Fadhillah terletak di kota Medan Sumatera Utara Denai No. 176 Tegal Sari Mandala III Kec. Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara 20371 Medan. Sekolah yang sudah terakreditasi BAN PT yaitu akreditasi B. Adapun permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan untuk bisa lebih eksis dalam memperkenalkan sekolah ke kancah yang lebih besar lagi cakupannya, agar sekolah ini lebih di kenal lagi tidak hanya dikenal di area sekeliling sekolah saja. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan pemahaman dengan melakukan penyuluhan atau sosialisasi ke sekolah ini bagaimana cara memperkenalkan atau bagaimana cara mempromosikan sekolah ini untuk bisa lebih dikenalkan di masyarakat luas bukan hanya di area sekeliling sekolah saja. Solusi yang diambil adalah dengan memberikan atau membuatkan satu produk sebuah website Sekolah. Luaran yang diharapkan dari adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah agar mitra bisa lebih mempromosikan sekolahnya pada masyarakat luas bukan hanya dikenal dan diketahui dari sekeliling sekolah saja tetapi lebih dikenal di masyarakat luas yang jauh dari area sekolah ini pun bisa mengetahui adanya sekolah ini. Melalui produk yang dibuat dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sistem informasi website sekolah diharapkan bisa lebih berkembang lagi bisa dan mendapatkan siswa siswi lebih banyak lagi.

Abstract

The Hikmatul Fadhillah Integrated Islamic School is located in the city of Medan, North Sumatra Denai No. 176 Tegal Sari Mandala III Kec. Medan Denai, Medan City, North Sumatra 20371 Medan. Schools that have been accredited by BAN PT, namely B accreditation. The problem faced by partners is a lack of understanding and knowledge to be able to exist more in introducing schools to a wider scope, so that this school is better known, not only in the area around the school. The solution offered is to provide an understanding by conducting counseling or outreach to this school how to introduce or how to promote this school so that it can be introduced to the wider community, not just in the area around the school. The solution taken is to provide or make one product a school website. The expected outcome of this Community Service activity is that partners can further promote their school to the wider community, not only being known and known from around the school, but more widely known in the wider community, who are far from this school area, can also know this school exists. Through the products made from this Community Service activity in the form of a school website information system, it is hoped that it can develop even more and get more students.

Keywords : Website, Information Media, Promotion, Community and School

Full Text:

PDF

References

H. B. Santoso, R. Delima, A. Wibowo, U. K. Duta, and W. Yogyakarta, “Pelatihan Pengembangan Web Profil Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 10, no. 1, pp. 41–48, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Harmoko Triaji, “Pengelolaan Pemasaran Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi di SMP Islam Al Azhar 21 Sukoharjo,” 2017.

F. Hidajati, D. Wulandari, A. Kholiq, and C. Mahfud, “MADRASAH DAN SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM,” 2019.

H. Supriyanto, M. Nurhadi, M. S. Prasetya, D. Hermansyah, and A. C. Puspitaningrum, “PEMBUATAN MEDIA INFORMASI DIGITAL SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI SEKOLAH,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 5, Oct. 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i5.9929.

“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DRILL GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX E SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING”.

D. Zulkarnain Rahadian Syah et al., “) 2020, Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada Al Qur’an during the Pandemic, Santri Health Protocol.”

S. A. Rahman and H. Husin, “Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 1829–1836, Feb. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2371.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.