Pendampingan Bimbingan Belajar Dengan Metode Learn and Play Guna Mengatasi Kesulitan Belajar pada Siswa SD

Nina Hidayatunnikmah, Farahdhiva Qotrunnada Fajrin, Risma Savitri, Ananda Roqiba Faradisi, Tiara Zalza Nabilah, Andreas Frediyan Sukarno, Aprillia Putri Khalimatus Sa'diyah, Findy Eka Maulidyah, Mochammad Arfian Nurdiansyah, Anita Nagaretna

Abstract

Permasalahan yang terjadi dilapangan beberapa siswa memang telah difasilitasi kedua orang tuanya untuk mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah, tetapi sebagian lainnya tidak mendapatkan bimbingan belajar diluar jam sekolah sehingga mereka belajar sendiri-sendiri hal ini menyebabkan mereka sulit untuk fokus dalam belajar karena tidak dalam pantauan pembimbing. Oleh karena itu dilakukanlah pengabdian berupa program bimbingan belajar dengan metode pengabdian service learning. Pada metode ini pengabdi menerapkan ilmu pengetahuan tentang pendidikan di Sekolah Dasar yang dipelajari di kelas kepada siswa SD dengan tahapan dimulai dari tahap persiapan, tahap implementasi, dan evaluasi. Tujuan dilaksanakannya pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membantu kesulitan belajar anak SD di daerah Desa Gading, Kecamatan Krembung, Kabutpaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pengabdian Masyarakat ini diterapkan dalam program bimbingan belajar untuk memfasilitasi siswa yang belum mengikuti bimbingan belajar di luar jam sekolah dengan Menerapkan metode learn and play. Tujuan pemilihan metode ini adalah agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan santai tanpa adanya tekanan, dengan ini kami telah menyesuaikan metode dengan karakteristik siswa pada usia SD dimana anak lebih suka belajar sambil bermain. Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan di Balai Desa Gading, Kecamatan Krembung, Kabutpaten Sidoarjo, Jawa Timur setiap hari selasa dan juga kamis pukul 18.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik Sekolah Dasar kelas 3,4,5, dan 6. Hasil pengabdian didapati masih banyak siswa yang kurang dalam memahami perkalian, pembagian, dan kosa kata dalam bahasa Inggris. Setelah diberikan pendampingan selama 8 pertemuan kemampuan siswa menjadi meningkat.

Full Text:

PDF

References

Agustina, Lasia, and Indra Martha Rusmana. 2019. “Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz.” AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam 9(https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181): 1–7. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/4859.

Asnawi, Khakam Umam et al. 2018. “Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.” Universitas Negeri Yogyakarta 3(1): 57–66. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23587%0Ahttp://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/18741%0Ahttp://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/download/3349/2385%0Ahttps://dachun91.wordpress.com/2012/03/13/terapi-psikol.

Darmayanti, N.W.S, and I Nengah Sueca. 2020. “Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3(2): 207.

Dilena, Helga. 2022. “Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak.” ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora 1(1): 30–35.

Novitasari, Yolanda Sherley, Qadhli Jafar Adrian, and Wita Kurnia. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood).” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) 2(3): 136–47. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

Pujiati, Dian, Moh Aniq, Khairul Basyar, and Arfilia Wijayanti. 2022. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Analysis of School Literacy Movement in Elementary School.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 5(1): 57–68.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.