PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA PEMBELAJARAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

Abstract

Pendidik di seluruh Indonesia baik guru maupun dosen diwajibkan oleh pemerintah untuk dapat mendesiminasikan karya tulisnya yang merupakan hasil penelitian yang salah satunya dari pengalaman mengajar ke dalam bentuk artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Namun karya ilmiah tentunya harus mengikuti trend kurikulum yang sedang berjalan saat ini yaitu pembelajaran berbasis high order thinking skills (HOTS) di kurikulum merdeka belajar. Untuk menjawab kewajiban tersebut maka pelatihan penulisan artikel ilmiah perlu dilaksanakan. Subyek kegiatan adalah guru SDN Denanyar I Jombang, dengan target kegiatan meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah berbasis high order thinking skills (HOTS) di kurikulum merdeka belajar. Kegiatan ini diikuti oleh 19 orang guru yang berasal dari SDN Denanyar I. Melalui kegiatan pengabdian yang telah dilakukan memiliki tiga hal yang ditingkatkan yaitu (1) pengetahuan guru tentang karya tulis ilmiah (2) penguatan HOTS berbasis kurikulum merdeka dan (3) motivasi guru-guru untuk mulai mempublikasikan karya tulis ilmiah berupa artikel ilmiah di jurnal. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan pemahaman tentang karya tulis ilmiah, alasan mengapa guru harus membuat karya ilmiah, konsep karya tulis ilmiah, dan proses menulis karya ilmiah, Kesimpulan dari kegiatan pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah berbasis HOTS serta keinginan dalam membuat artikel cukup tinggi. Kendala yang dihadapi guru dalam pembuatan artikel ilmiah adalah kurangnya referensi dan pembiasaan diri dalam menulis karya ilmiah.

Author Biographies

Rukminingsih Rukminingsih, STKIP PGRI JOMBANG

English Language Education Department

Hartia Novianti, STKIP PGRI JOMBANG

English Language Education Department

Nala Sita Rukmi, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

English Language Education Department

N Komala Yuniarsih, SDN Denanyar I, Jombang

Head Master of Elementary School

References

Arter, J. A., & Salmon, J. R. (1987). Assessing Higher Order Thinking Skills: Issues and Practices. Conference

Proceedings (Clackamas, Oregon, October 1-2, 1987). https://eric.ed.gov/?id=ED290760

Khlaisang, J., & Songkram, N. (2019). Designing a virtual learning environment system for

teaching twenty-first century skills to higher education students in ASEAN. Technology, Knowledge and Learning, 24(1),41–63. http://doi.org/10.1007/s10758-017-9310-7

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E.(2019). Improving21st-century teaching skills: The key

toeffective 21st- centurylearners. Research inComparative & International Education,14(1), 99 –117. http://doi.org/10.1177/1745499919829214

Osborne, J. (2013). The 21st century challenge for science education: Assessing scientific

reasoning. Thinking Skills and Creativity, 10, 265–279

Rukminingsih, Novianti, H, & Rukmi, N.S.(2021). Pelatihan penulisan best practice untuk

meraih predikat guru berprestasi bagi guru SDN Tanjunggunung Peterongan. Transformasi dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 15-20.

Skorton, D. (2019). Branches from the same tree:The case for integration in higher

education.PNAS Direct Submission, 116(6), 1865–1869. http://doi.org/10.1073/pnas.1807201115

Putra, A. B.N.R., Syafrudie, H. A., Nidhom, A. M., Smaragdina, A. A., Md Yunos, J. B.,

Sembiring, A. I., & Eriyanto. (2020). The innovation of module training based heutagogy as an acceleration for increasing pedagogical supremacy of vocational education lecturers in the industrial revolution 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1456(1), 0–7.

Tuwoso, T., Putra, A. B. N. R., Mukhadis, Volume 2, Nomor 1 Juli 2021 Hal 15-20 20

A.,Mahamad, A. K. B., & Sembiring, A. I. (2020). Development of MOOCs synchronized life-based learning to improvethe quality of outcomes in prospective vocational teachers in the era of education4.0. Journal of Physics: Conference Series,1456(1), 0–7. http://doi.org/10.1088/1742-6596/

Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill (HOTS). Direktorat

Pembinaan SMA Kemdikbud. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/651/1/MODU L PENYUSUNAN SOAL HOTS_Dit PSMA 2017.pdf

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Rukminingsih, R., Novianti, H., Rukmi, N. S., & Yuniarsih, N. K. (2023). PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA PEMBELAJARAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10636

Citation Check