URGENSI PEMBINAAN DAN PELATIHAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MICROLEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Kata kunci: Kearifan Lokal, Kompetensi Guru, Microlearning Material.
Full Text:
PDFReferences
Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-12.
Bhinnety, M. (2008). Struktur dan proses memori. Buletin Psikologi, 16(2).
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).
Giurgiu, L. (2017). Microlearning an evolving elearning trend. Scientific Bulletin, 22(1), 18–23.
Hajli, M. N., Sims, J., Featherman, M., & Love, P. E. D. (2015). Credibility of information in online communities. Journal of Strategic Marketing, 23(3), 238–253. https://doi.org/10.1080/0965254X.2014.920904
Indriasari, S., & Hutagalung, B. N. (2020). Pembuatan Motion Graphic untuk Media Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Sisa Hasil Pertanian. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(1), 203-212.
Kafrawi, M., Luthfi, A., & Munir, M. (2022). Penggunaan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Kota Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 2(2), 88-97. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.469
Kottak Conrad Phillip. (2006). Antropología cultural. McGraw Hill México.
Marija Pandurov. (2021). 10 Incredible Microlearning Trends Shaping 2023. ASONA. https://markinstyle.co.uk/microlearning-trends/
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maulidya Hazna. (2020). HAMBATAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DI MTS YAPI PAKEM.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.
Pitriani, P., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Materi Taksiran Operasi Hitung dan Manfaat Energi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 7189-7197.
Said Alwi. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Salsabila, U. H., Hanifan, M. L. N., Mahmuda, M. I., Nur Tajuddin, M. A., & Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(2), 3268–3275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.995
Sukirman, D., & Amelia, D. (2023). Assessment of Student Learning Needs Fulfillment and Autonomy in Teacher Teaching Practices. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 56(1).
Thoma, B., Turnquist, A., Zaver, F., Hall, A. K., & Chan, T. M. (2019). Communication, learning and assessment: Exploring the dimensions of the digital learning environment. Medical teacher, 41(4), 385-390.
UNESCO. (2005). Convention on the Protection and Promotion of the Diversity of Cultural Expressions. Unesco General Conference.
UNESCO. (2013). Local and indigenous knowledge systems. https://en.unesco.org/themes/local-and-indigenous-knowledge-systems
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Refbacks
- There are currently no refbacks.