BE BIG BOSS! : PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI BIDANG KELEMBAGAAN, MENAJEMEN SDM, DAN KEUANGAN SERTA FASILITASI USAHA UNTUK MENINGKATKAN WIRAUSAHA MAHASISWA DI UNNES

Laila Listiana Ulya, Sugiyarta Stanislaus, Ali Masyhar, Dwi Cahyaningdyah

Abstract

Salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU 1) yang berdampak pada relevansi kebutuhan industri dan dunia kerja yaitu lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak terdiri dari mendapatkan pekerjaan, melanjutkan studi, dan menjadi wiraswasta. Targetnya alumni bekerja atau berwiraswasta memiliki penghasilan 1,2 x lipat dari UMR. Faktanya, IKU 1 dalam Laporan Kinerja UNNES belum memenuhi target. Terlihat bahwa ada alumni masih berorientasi job seeker daripada job creater sedangkan penghasilan tertinggi justru diraih alumni berwirausaha. Program Pengembangan Wirausaha dibutuhkan oleh wirausaha mahasiswa di UNNES untuk menyiapkan lulusan siap berwirausaha dengan gaji minimal 1,2 kali UMR. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan angka wirausaha mahasiswa di UNNES melalui pelatihan psikologi kewirausahaan, kelembagaan, manajemen SDM, dan keuangan serta fasilitasi usaha sesuai kebutuhan tenant. Total peserta program adalah 12 orang mahasiswa UNNES yang berwirausaha selama 6 hingga 36 bulan dari tiga kategori usaha yaitu kuliner, jasa, dan industri kreatif. Mereka telah menerima manfaat dengan memiliki peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan pendampingan dalam mengembangkan usahanya. Program ini bertujuan dapat memberi masukan pada Stakeholder UNNES, Fakultas, dan Prodi Psikologi dalam merancang kebijakan pengembangan soft skill dan hard skill yang tepat bagi mahasiswa wirausaha tersebut. Termasuk embrio pembentukan Psychopreneur sebagai unit profit layanan pengembangan kewirausahaan di Prodi Psikologi UNNES.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Gerson, R.F. (2004). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PPM.

Haefner, J. E., Deli-Gray, Z., & Rosenbloom, A. (2011), “The importance of brand liking and brand trust in consumer decision making: Insights from Bulgarian and Hungarian consumers during the global economic crisis”, Managing Global Transitions: International Research Journal, Vol. 9 No.3, pp.249-273.

Hafeez, S., & Hasnu, S. (2010), “Customer satisfaction for cellular phone in Pakistan: A case study of Mobilink”, Business and Economics Research Journal, Vol.1 No.(3), pp. 35-44.

Hafeez, S. and Muhammad, B. (2012), “The Impact of Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty Programs on Customer’s Loyalty: Evidence from Banking Sector of Pakistan”, International Journal of Business and Social Science ,Vol.3 No.16, pp. 200-209.

Heriyadi, Listiana, E. dan Lay, Y.N. (2018). An Analysis of the Influence of Service Quality, Personal Selling and Complaint Handling and Trust on Customer Retention (Survey of Bank Harda International Savings Customers, Pontianak Branch). Volume 7 Number 2.

Kotler.P. (2008). Marketing Principles 2. Twelfth Edition. Jakarta : Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.