PEMBERIAN METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELAS AWAL DI SDN 1 RUBUNG BUYUNG

Jhelang Annovasho, Maturil Rahman, Dodi Alfannur, Julia Julia

Abstract

Pelajaran yang sangat begitu penting diajarkan dalam semua tingkatan tataran pendidikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Di dalamnya terdapat empat keterampilan yang harus dikembangkan guru kepada peserta didiknya. Adapun empat keterampilan tersebut yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam hal ini kemampuan membacalah suatu keterampilan yang sangat diperlukan. Penelitian ini beranjak dari sebuah permasalahan yang ditemukan dilapangan dimana masih terdapat peserta didik yang kurang begitu menguasai dalam kemampuan membaca. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN 1 Rubung Buyung yang terpilih dari hasil pretest. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan yang mana hasilnya berupa penjelasan secara deskriptif dari subyek yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sebuah pengaruh metode multisensori yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas awal. Hasil menunjukkan bahwa terdapat sebuah peningkatan kemampuan membaca walaupun tidak begitu signifikan tetapi hal ini menjadi sebuah hal yang positif bagi peserta didik
Kata Kunci: kemampuan Membaca, Metode Mutisensori

Full Text:

PDF

References

Afriyanti, D. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca kata melalui media game edukasi untuk anak tunagrahita riingan kelas v di slb perwari padang.

Afriyanti, M. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 4 MALANG. Jurnal Keilmuan Bahasa, 2, 203–211.

Anggraini, D. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Memmbaca Peserta Didik Melalui Teeknik Permainan Menyusun Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MIN 1 Bandar Lampung.

Gusnandar, M. (2023). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI BUJANG SEMALAM (Studi Kasus Di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman) SKRIPSI.

Hidayat, N., Kurniawan, D., Prabawa, A. H., Rusnoto, R., & Syafiq, A. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Aplikasi Android Belajar Membaca di Dusun Kentengsari Kaliwungu Semarang. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2013, 72–79. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.45

Moelong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1804. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1055

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). MODEL PARTICIPATION ACTION RESEARCH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.

Taib, B., Oktaviani, W., & Ilham, A. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan Pada Anak Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairat Skeep. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4393

Uyun, F. (2020). Pembinaan Mental Spiritual Masyarakat Kelompok Tahsin Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Melalui Kajian Kritik Analitik Terhadap Kitab Al- Targhib Wa Al-Tarhib Dengan Pendekatan Komparatif Kontekstual. Journal of Research on Community Engagement, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.18860/jrce.v2i1.7955

Yasfin, M. A., & Ula, A. N. M. (2021). Implementasi Bimbingan Belajar Mengulang Kelas dalam Menumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa Baru di Madrasah Qudsiyyah Kudus. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(1), 63–83. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i1.9899

Zulianingsih, L., Rosa, I. K., & Dema, Y. (2020). Media Putaran Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 115–122. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.