PELATIHAN PENGGUNAAN GADGET YANG BIJAK DAN MEMBANGUN BUDAYA MENABUNG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN TEGALHARJO NO. 187 SURAKARTA

Authors

  • Nurita Elfani Prasetyaningrum Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, Indonesia
  • Ramadhian Agus Triono Sudalyo Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Elektro dan Informatika Universitas Surakarta, Indonesia

Abstract

Pemanfaatan gadget di era digital saat ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan siswa sekolah dasar (SD) dan orang tua siswa. Namun, penggunaan gadget yang tidak bijak dapat memiliki dampak negatif pada perkembangan karakter anak-anak dan termasuk pada pengelolaan keuangan keluarga. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, Universitas Surakarta melalui Pengabdian kepada Masyarakat bersama SDN Tegalharjo No. 187 Surakarta, menyelenggarakan sebuah program pelatihan yang disampaikan kepada orang tua dan siswa di SDN Tegalharjo No. 187 Surakarta dengan tujuan meningkatkan kesadaran orang tua dan siswa tentang penggunaan gadget yang bijak serta membangun budaya menabung. Pelatihan ini mencakup penyajian materi, diskusi, serta kegiatan praktik yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan gadget dengan bijak dan memahami pentingnya menabung. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman orang tua dan siswa tentang cara mengelola penggunaan gadget dengan bijak dan memulai praktik menabung. Program ini diharapkan dapat membantu mengarahkan orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget anak-anaknya di rumah dan memotivasi siswa sekolah dasar untuk mengembangkan budaya menabung yang berkelanjutan. Kata kunci: pelatihan, gadget, menabung, orang tua dan siswa

References

Anderson, P. (2022). The Psychology of Gadget Use in Children. New York: Routledge.

Gagnon, D. (2020). The Little Book of Saving: 50 Ways to Save More Money. E-Book Publishers

Johnson, M. (2021). Digital Parenting: Raising Your Kids in an Online World. E-Book Publishers.

Kim, S., & Park, M. (2019). "The Impact of Financial Education on Children's Saving Behavior: Evidence from a Randomized Control Trial." Journal of Consumer Affairs, 23(4), 543-561.

Lewis, J., & Clark, R. (2021). Teaching Kids to Save Money: A Step-by-Step Guide to Financial Independence for Children. New York: Wiley.

Mulyani, S. (2019). Mengajarkan Anak-anak untuk Menabung. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rahman, H., & Utomo, I. (2020). "Promoting Financial Literacy Among Elementary School Students: A Case Study of Financial Education Programs in Indonesia." International Journal of Educational Research, 34(1), 45-57.

Smith, J. (2022). "The Impact of Excessive Gadget Use on Child Development." Journal of Child Psychology and Psychiatry, 67(3), 321-335.

Smith, R. (2018). Responsible Digital Parenting: A Guide for Keeping Your Kids Safe in the Digital World. New York: HarperCollins.

Wijaya, A., & Susanto, B. (2021). "The Role of Parental Guidance in Shaping Children's Gadget Use Behavior." Journal of Family and Consumer Sciences, 45(2), 87-99.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Prasetyaningrum, N. E., & Sudalyo, R. A. T. (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN GADGET YANG BIJAK DAN MEMBANGUN BUDAYA MENABUNG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN TEGALHARJO NO. 187 SURAKARTA. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/11722

Citation Check