MENCIPTAKAN STRATEGI PEMASARAN BERKELANJUTAN PADA UKM

Authors

  • Rodhiah Rodhiah Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia, Indonesia
  • Valentina Valentina Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i1.11929

Abstract

Pemasaran Berkelanjutan menekankan kepada aktivitas pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan pelaku bisnis atau perusahaan, pada saat yang bersamaan tetap menjaga dan meningkatkan kemampuan generasi mendatang untuk dapat memenuhi kebutuhan. Mitra kegiatan bergerak dalam usaha kuliner yang berlokasi di Jambi. Dalam kegiatan nya menghadap masalah terutama dalam hal pemasaran berkelanjutan. PKM bertujuan membantu mitra dalam upaya meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran berkelanjutan yang mampu meningkatkan keunggulan bersaing. Metode kegiatan dilakukan dengan pelatihan terkait dengan pemasaran berkelanjutan tentang bagaimana mitra berhubungan dengan lingkungan dan kepentingan nya. Strategi ini juga membantu mitra meningkatkan loyalitas merek, meningkatkan kepuasan karyawam, mencapai kepatuhan terhadap peraturan serta meningkatkan keuntungan. Pelatihan dilakukan secara daring. Hasil kegiatan menunjukkan, pelatihan tentang strategi pemasaran berkelanjutan sudah dilaksanakan dengan lancaar, pelaksanaannya melalui zoom dan dibantu 2 mahasiswa. Mitra dapat memahami strategi pemasaran keberlanjutan dalam memasarkan produk yang dijual. Luaran PKM berupa publikasi ke jurnal dan HKI. Key word: pemasaran berkelanjutan, pelatihan, UKM

Author Biography

Rodhiah Rodhiah, Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia

Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia

References

Custard, M. K. (2021, july 15). Sustainable Marketing: What It Is, Why It Matters, & How to Get It Right . Retrieved from unstack.com: https://www.unstack.com/sustainable- marketing-what-it-is-why-it-matters-how-to-get-it-right

Lazuardi, D. (2022, juni 3). Mengenal Sustainable Marketing, Strategi Terbaik Untuk Bisnis Berkelanjutan. Retrieved from inmarketing.id: https://inmarketing.id/sustainable-

Lim, W. M. (2016). A blueprint for sustainability marketing: Defining its conceptual boundaries for progress. Marketing Theory, 16(2), 232–249.

Lim, Weng Marc. (2017). Inside the sustainable consumption theoretical toolbox: Critical concepts for sustainability, consumption, and marketing. Journal of Business Research, 78, 69–80.

marketing-adalah.html

McDonagh, P., & Prothero, A. (2014). Sustainability marketing research: Past, present and future. Journal of Marketing Management, 30(11–12), 1186–1219.

Murphy, T. (2023, february 6). why is sustainable marketing important? Retrieved from techtarget.com: https://www.techtarget.com/searchcustomerexperience/feature/Why-is-sustainable- marketing-important

Philip Kotler, G. A. (2021). Principles of Marketing eighteenth edition.

Robert, M. (2022, May 25). What is Sustainable Marketing? Retrieved from The next scoop: https://thenextscoop.com/sustainable-marketing/

van Dam, Y. K., & Apeldoorn, P. A. C. (1996). Sustainable marketing. Journal of Macromarketing, 6(2), 45–56.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Rodhiah, R., & Valentina, V. (2023). MENCIPTAKAN STRATEGI PEMASARAN BERKELANJUTAN PADA UKM. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i1.11929

Citation Check