PELATIHAN STRATEGI MANAJEMEN PENJUALAN PADA UKM
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v6i1.11933Abstract
Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan dari seberapa besar kemampuannya dalam melakukan penjualan.. Untuk itu dukungan manajemen penjualan yang handal dapat mendukung terelialisasinya meningkatkan penghasilan UKM. Jika tidak adanya dukungan manajemen penjualan, produk yang dihasilkan UKM akan menjadi produk yang saia sia. Kebutuhan akan dukungan manajemen penjualan sangat penting bagi keberlanjutan usaha UKM. UKM yang menjadi mitra bergerak pada usaha industry kreatif pembuatan batik, berlokasi di Jambii. Sesuai hasil obervasi awal, masih lemahnya UKM dalam menggiatkan managemen penjualan, Hal ini dikarenakan Masih lemahnya pengetahuan UKM dibidang penjualan.. PKM bertujuan membantu mitra dalam upaya meningkatkan pengetahuan tentang strategi penjualan terkait dengan penghasilan yang akan diperoleh mitra. Metode pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan yang disampaikan dalam bentuk PPT, yang dilakukan secara daring. Hasil kegiatan menunjukkan penyampaian materi pelatihan disampaikan ke mitra dalam upaya meningkatkan kemampuan mitra dalam manajemen penjualan berjalan lancar. Luaran PKM berupa publikasi ke jurnal dan HKI. Key word: manajemen, penjualan, pelatihan, UKMReferences
Agnihotri, R. (2021). From sales force automation to digital transformation: how social media, social CRM, and artificial intelligence technologies are influencing the sales process. A Research Agenda for Sales, 21–47. https://doi.org/10.4337/9781788975315.00009
Bhargava, H. K., & Rubel, O. (2019). Sales force compensation design for two-sided market platforms. Journal of Marketing Research, 56(4), 666–678. https://doi.org/10.1177/0022 243719825818
Bartol, K. M., Pierce, D., Irwin, R., Schultz, R. J., Schwepker Jr, C. H., Good, D. J., Dangello, F. (2017). Sales Force Turnover and Retention: A Research Agenda. The Journal of Personal Selling & Sales Management, 19(1), 33.
Cravens, D. W., & Piercy, N. F. (2013). Strategic Marketing. Singapore: McGraw-Hill
Cron, W. L., Baldauf, A., Leigh, T. W., & Grossenbacher, S. (2014). The strategic role of the sales force: perceptions of senior sales executives. Journal of the Academy of Marketing Science, 42(5), 471–489. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0377-6
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson. Pearson
Lubis, L.A., & Lestari, A.I. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Produk (Studi Kasus CV.Karunia Abadi Maju Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 4(1). 72-76.
Sant'Anna, D., Mussi, C. C., Xavier, W., & Luna, I. N. (2020). Organisational commitment and culture: evidence of commitment in an independent sales force. International Journal of Management Practice, 13(4), 437–461. https://doi.org/10.1504/IJMP.2020.108303
Sedaghatnia, A., Rostamian, B., Esfahani, A. N., & Shahin, A. (2018). Studying the Effect of Sales Forces’ Personality Traits on the Customer Relationship Management (Isfahan Asia Insurance Company). Marketing and Branding Research, 5(1), 23. https://doi.org/10.33844/mbr.2018.60299
Silva, P. M., Moutinho, V. F., & Vale, V. T. (2022a). Examining the Relationship between Sales Force Proactiveness, Network Capability and Sales Performance: Evidence from International Trade Shows. Journal of Promotion Management, 28(5), 559–583. https://doi.org/10.1080/10496491.2021.2009087
Utami, S.N. (2021). Penjualan: Pengertian Para Ahli, Bentuk, Jenis, dan Tujuannya. Kompas. https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/27/131616269/penjualan-pengertian-para-ahli-bentuk-jenis-dan-tujuannya?page=all (Diakses pada 13 Oktober 2022).