PENYULUHAN PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK DI DASA WISMA LILY I KELURAHAN HARAPAN BARU SAMARINDA

Dwinita Aquastini

Abstract

Penyuluhan pemanfaatan sampah plastik Di Dasa Wisma Lily I Kelurahan Harapan Baru Samarinda ini mempunyai tujuan mengembangkan sekelompok masyarakat untuk memperluas wawasan dan keterampilan dalam memanfaatkan sampah khususnya sampah plastik sehingga dapat membantu meningkatkan ketrampilan, kreatifitas dan kesejahteraan keluarga. Target yang ingin dicapai pada pengusulan program pengabdian pada masyarakat ini adalah Kelompok Dasa Wisma Lily I Kelurahan Harapan Baru Samarinda dapat memanfaatkan sampah non organik khususnya sampah plastik menjadi berbagai macam barang daur ulang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis sehingga diharapkan dengan kegiatan ini dapat menambah penghasilan, kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya lingkungan bersih, mengurangi limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga terutama plastik dan semakin menjadikan masyarakat hidup sehat.Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut di atas adalah pertama-tama melakukan kegiatan survei lapangan. Pada kegiatan survei lapangan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi Dasa Wisma Lily I Kelurahan Harapan Baru Samarinda. Kegiatan penyuluhan memanfaatkan sampah plastik yang berasal daerah daerah sekitar menjadi barang daur ulang seperti sampah plastik menjadi dompet, tas, lampion, assesoris, bunga palsu.

Kata kunci : sampah plastik, penyuluhan, pemanfaatan sampah

References

Cahyani, G. D. (2009). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Sampah dan Kelayakan Finansial Usaha Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus di Perumahan Cipinang Elok, Jakarta Timur). Bogor: Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Kholidah, N., Faizal, M., & Said, M. (2018). Polystyrene P lastic Waste Conversion into Liquid Fuel with Catalytic Cracking Process Using Al2O3 as Catalyst. Science & Technology Indonesia, 3, 1- 6 .

Muchlisinalahuddin, M., & Kesuma, D. (2020). Tempat Pembakaran Sampah Organik Ramah Lingkungan. Rang Teknik Journal, Vol. 3 No.1.

Nasution, S., Rahmalina, D., Sulaksono, B., & Doaly, C. (2018). IbM: Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Kerajinan Tangan Di Kelurahan Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 6 No. 2, 117 – 123.

Taufiq, A., & Maulana, M. (2015). Sosialisasi sampah organik dan non organik serta pelatihan kreasi sampah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol 4 Hal 68-73.

Wafiyah. (2015). Pemberdayaan dasa wisma sebagai upaya pemberlangsungan k3 (kebersihan, keindahan, dan ketertiban) di dusun gintungan, desa deyangan, kec. Mertoyudan, kab. Magelang. DIMAS, Volume 15, Nomor 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.