PENDAMPINGAN DESAIN KEMASAN KERIPIK NANGKA DI UMKM SANG BINTANG KABUPATEN KETAPANG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING

Dian Fitriarni, A. Nova Zulfahmi, Martanto Martanto, Ningrum Dwi Hastuti, Irfan Cholid, Rois Indriawan, Assrorudin Assrorudin, Ira Arianti Arianti, Adha Panca Wardanu

Abstract

Pengemasan umumnya digunakan sebagai pelindung produk yang dikemas.selain berfungsi sebagai pelindung produk, kemasan juga berfungsi sebagai media pemasaran. Media pemasaran melalui kemasan dapat berupa desain kemasan yang menarik. Desain kemasan yang menarik akan mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut. UMKM Sang Bintang masih menggunakan bahan pengemas dan desain kemasan yang sederhana,sehingga daya awet rendah serta penjualan tidak maksimal. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pemilihan bahan pengemas, desain kemasan, serta pendampingan sertifikasi halal produk keripik Nangka. Metode dalam pengabdian ini terbagi menjadi 2 bagian, pertama tahap persiapan yang terdiri dari survei awal, sosialisasi dan koordinasi kegiatan, penyusunan program kerja, penyusunan modul pelatihan, dan persiapan sarana dan prasarana. Kedua, tahap pelaksanaan terdiri dari kegiatan pelatihan penggunaan bahan kemasan, pelatihan dan pendampingan desain logo kemasan, pendampingan sertifikasi halal serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah mitra bisa menentukan bahan pengemas yang cocok untuk produk hingga dapat memberikan umur simpan lebih dari 3 minggu, dapat menentukan desain kemasan yang sesuai regulasi sehingga meningkatkan angka penjualan mencapai 50%, serta berhasil mendapatkan sertifikat halal produk keripik Nangka.

Full Text:

PDF

References

Adiyanto, Y. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Ranginang (Rengginang) Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika. 13(02).

Agustina, W. (2011). Teknologi Pengemasan, Desain Dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Anggraini, R., & Sugiarti, T. (2022). Desain Kemasan Aktif Untuk Nanas (Ananas comosus L. Merr) Terolah Minimal. Jurnal Pertanian dan Pangan 4(1).

Darmawan, N. A., & Istiqlailiyah, H. (2021). Analysis Heat Transfer On Vacuum Frying Machine With 3kg Capacity. Seminar Nasional Inovasi Teknologi. UN PGRI Kediri

Diana, S., & Fauzan, R. (2021). Aplikasi Teknologi Induction Sealer Untuk Pengemasan Produk Sambal Sunti Khas Aceh. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Putri, D. M. Y., & Sari, R. A. (2021). Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. 3(2).

Surya Gunawan, Fadhila Hasana, Desti Dwi Puspita Sari, Nur Aisyah, & Tomi Hidayat. (2023). Pelatihan Pengemasan Produk Olahan Seafood Masyarakat Kampung Nelayan Malabero Berbasis Edupreneurship. Setawar Abdimas, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.36085/sa.v2i2.5536

Suyatama, N. E., & Hastati, D. Y. (2023). Edukasi Teknologi Pengawetan Penggunaan Btp Dan Pengemasan Pangan Untuk Memperpanjang Masa Simpan Produk Olahan Pangan Di Umkm Payakumbuh. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2793–2798. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14839

Zumaeroh, & Fatmawati, A. (2023). Pengembangan Kemasan Produk Pada Industri Gula Merah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.