Meningkatkan Daya Saing UMKM melalui Pelatihan Mindset Entrepreneur

Samsul Arifin

Abstract

Program pengabdian BRIncubator dirancang sebagai upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada 25 UMKM lokal mengenai konsep-konsep kewirausahaan yang mendasar, merespons keterbatasan akses terhadap sumber daya yang umumnya dihadapi oleh para pelaku UMKM, serta membantu mereka dalam mengatasi kesulitan dalam menerapkan strategi-strategi inovatif guna meningkatkan daya saing di pasar. Dalam prosesnya, program ini mengadopsi metode yang terstruktur, yang meliputi serangkaian tahapan mulai dari pelatihan untuk membangun pengetahuan dasar, hingga sesi mentoring 101 yang bersifat lebih personal, serta tahapan evaluasi yang memungkinkan pemantauan terhadap kemajuan yang dicapai. Melalui pendekatan kolaboratif ini, hasil yang teramati menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman akan prinsip-prinsip dasar kewirausahaan, peningkatan rasa percaya diri dalam mengelola bisnis, serta pengembangan strategi inovatif yang terfokus baik dalam aspek pemasaran maupun operasional bisnis. Diharapkan, dengan adanya penguatan dalam Mindset Entrepreneurini, UMKM lokal akan mampu bersaing secara lebih efektif di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif.

Full Text:

PDF

References

Cahyani, Suci , and Nurabiah. 2024. "Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Software Accurate Dalam Pengambilan Keputusan UMKM di Kota Mataram." BIOS : Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer 20-29.

Gustika, Soni , and Karona Cahya Susena. 2022. "UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA." SEMINAR NASIONAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI (SN-EMBA) KE-1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DEHASEN 101-108.

Ramdani, Gilang, Ati Sadiah, and Astri Srigustini. 2023. "PENGARUH ENTREPRENEURIAL MINDSET TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA." Jurnal Ekonomi Kreatif dan Manajemen Bisnis Digital 497-513.

Santoso, Edy , Ema Nurzainul Hakimah, and Sigit Ratnanto. 2023. "PERSPEKTIF PELAKU UMKM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK UNTUK MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS (STUDI KASUS USAHA TAHU BAPAK MATNURI)." Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi 591-600.

Suryani, S. J. J. E. K. (2018). "Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau." 29(1): 1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.