PEMBERDAYAAN REMAJA ORGANISASI ISLAM SANTRI DARUSALAM (ORSADA) MELALU PELATIHAN MAKE-UP DENGAN PRODUK HALAL

Aprita Okta Dewi, Eka Sri Wahyuni, Debby Arisandi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada remaja organisasi islam darusalam mengenai produk make-up halal. Dengan adanya pelatihan dan edukasi yang akan diberikan maka para remaja semakin berkembang dalam melakukan make-up apalagi di jaman sekarang sudah banyak sekali maraknya produk make-up yang terlihat tidak halal digunakan, maka para remaja harus tahu mengenai produk make-up yang halal untuk digunakan pada saat make-up. Dengan cara Pengabdian Masyarakat dengan Pemberdayaan Remaja melalui pelatihan Make-up agar dapat memberikan pemahaman kepada remaja mengenai Teknik Make-up, produk halal dan juga dapat meningkatkan pendapatan. Pelatihan merupakan upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia, terutama untuk peningkatan profesionalime yang berkaitan dengan, keterampilan administrasi dan keterampilan. Metode yang digunakan dalam pengabidan ini ialah metode Participatory Action Research (PAR) pendekatan pengabdian kepada masyarakat dengan PAR merupakan pendekatan yang bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktik masyarakat. Dari hasil pengabdian yang dilakukan para masyarakat lebih mengerti mengenai produk makeup halal,cara pengablikasian makeup dan tertarik untuk lebih menekuni makeup agar dapat meningkatkan pendapatan.
Kata Kunci : Pemberdayaan, Pengetahuan, Make-up, Remaja

Full Text:

PDF

References

Faridah, H. D. (2019). Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68–78.

Joesyiana, K., Hasan, S. S. El, Prihastuti, A. H., Haryadi, R. N., & Suratminingsih, S. (2023). Pelatihan Strategi Mempelajari Bisnis Tata Rias Make Up Artis bagi Ibu-Ibu PKK RW. 06 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal Surya Masyarakat, 5(2), 214. https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.214-222

Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259–278.

Pambudi, I. P., & Rohmawati, H. C. (2022). Pelatihan Keterampilan Tata Rias Wajah Tari Jhatilan. Abdimas Akademica, 3(01), 10–16.

Paramawidhita, R. Y., & Kartini, N. H. (2020). Peningkatan Kesadaran Penggunaan Produk Halal di Kalangan Remaja Kota Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 199–202. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i2.1343

Santika, D., Latang, & Suardi. (2022). Pemberdayaan Remaja Putri Melalui Pelatihan Tata Rias Kecantikan Di Kelurahan Malimongan Tua Kecamatan Wajo Kota Makassar. Pinisi Journal Of Education, 1–10.

Soehardi, D. V. L., & Soehardi, F. (2019). Pelatihan Tata Rias Wajah Sehari-Hari Pkk Bukit Bestari Kota Tanjung Pinang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 156–165. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i0.2944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.