PENGUJIAN KUALITAS SUSU SAPI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI LACTOSCAN DI KPSP SETIA KAWAN DESA WONOSARI

Denata Putri Marlinton

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengujian kualitas susu sapi menggunakan teknologi Lactoscan di KPSP Setia Kawan, Desa Wonosari. Tugas utama KPSP Setia Kawan menjaga kualitas susu yang didapatkan dari peternak dengan menggunakan teknologi Lactoscan untuk menguji kandungannya. Teknologi ini membantu meningkatkan efisiensi pengujian kualitas susu, memenuhi standar yang ditetapkan, serta memperkuat posisi mereka di pasar sebagai penyedia susu berkualitas tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pemilihan narasumber melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, teknologi Lactoscan efektif dapat meningkatkan keakuratan dalam mendeteksi kualitas susu sapi sebelum diolah, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan membantu meningkatkan produksi susu yang berkualitas, serta dapat memastikan kepatuhan terhadap standart kualitas yang sudah ditetapkan.

References

Puspitarini, O. R., & Herbani, M. (2018). Kadar Protein, Kadar Lemak dan Solid non Fat Susu Kambing Pasteurisasi pada Penyimpanan Refrigerator. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 7(1), 12–14. https://doi.org/10.17728/jatp.2162

Puspitarini, O. R., & Kentjonowaty, I. (2015). Pengaruh Lama Simpan Pada Refrigerator Terhadap Kualitas. Dinamika Rekasatwa, March 2015.

Rahmi, D., Studi, P., Hasil, T., & Peternakan, F. (2008). Manufacturing Sanitation Standard Operating Procedures.

Rohcahayana, S. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Anggota Peternakan Sapi Perah Di Koperasi Produksi Susu Dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor. UIN Syarif HIdayatullah, 156.

Sa, A., Hantoro, R., & Mulato, S. (2014). Pada Bioreaktor Tipe Fixed Dome Snv Menggunakan Model Matematis Monod Type Kinetic. 2–6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.