SOSIALISASI STANDAR PENGEMASAN PRODUK PANGAN DI UNIT USAHA SMK MUHAMMADIYAH 3 GRESIK

Sutrisno Adi Prayitno

Abstract

Salah satu kebutuhan utama manusia adalah makanan. Makanan yang berkualitas juga terlihat pada pengemasan yang baik. Salah satu unit usaha yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah 3 Gresik adalah memproduksi produk pangan hasil sendiri yang diperjualbelikan di kantin sekolah. Namun produk yang dihasilkan masih dikemas dalam kemasan sederhana dan tradisional sehingga fungsi kemasan ini hanya digunakan sebagai wadah tanpa memberikan informasi bagi konsumen. Padahal kemasan memiliki fungsi tidak hanya sebagai wadah tetapi juga dapat digunakan sebagai media informasi kepada konsumen, sebagai daya tarik konsumen serta memberikan perlindungan terhadap produk pangan agar aman terbebas dari kontaminasi dari luar kemasan. Selain itu, dengan menggunakan kemasan yang memuat berbagai informasi maka produk tersebut juga dapat dipasarkan pada area yang lebih luas. Untuk itu diperlukan suatu kegiatan sosialisasi mengenai standar pengemasan produk pangan di Unit Usaha yang dimiliki oleh SMK Muhamammadiyah 3 Gresik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan terkait pemilihan kemasan pangan yang sesuai dan label kemasan yang harus dicantumkan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi beberapa tahapan diantaranya adalah persiapan, sosialisasi, demonstrasi, evaluasi dan monitoring. Dari kegiatan yang telah dilakukan, siswa sebagai pelaku usaha di unit usaha SMK Muhammadiyah 3 Gresik dapat memahami topik yang telah disampaikan. Topik yang disampaikan berupa pemilihan material kemasan yang sesuai, jenis kemasan, dan label yang harus dicantumkan sesuai dengan regulasi pemerinta serta keuntungan produk pangan yang memiliki kemasan yang sesuai. Selain itu, siswa juga diajak untuk melakukan analisis kemasan yang sedang digunakan di unit usaha dan hal-hal yang perlu diperbaiki terkait kemasan tersebut. Sehingga pemahaman terkait kemasan yang dimiliki oleh siswa-siswi dapat lebih baik dan harapannya dapat diaplikasikan kepada produk pangan yang dimiliki agar menghasilkan produk dengan kemasan yang baik dan sesuai dengan standar.
Kata kunci: makanan, standar kemasan, usaha

References

Anggoro, S., Nurisna, Z., Safitri, M., & Sotyarini, R. (2022). Mekanisasi Proses Packaging Pada Kelompok Usaha Makanan Bahagia di Dusun Wanujoyo Lor. Webinar Abdimas, 5(1), 997–1002.

Aryani, M., Septika, B. H., Krisnahadi, T., Ilhamalimy, R. R., & Supratman, S. (2022). Pelatihan Pengemasan dan Labeling Produk untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Pemasaran bagi UKM Kale Cookies. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 577. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.6003

BPOM RI. (2018). Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Bpom RI, 11, 1–172. https://peraturan.bpk.go.id/Details/219910/peraturan-bpom-no-31-tahun-2018

Darajat, A. ., Murdika, U., Repelianto, A. ., & Yulianti, T. (2023). Penerapan Teknologi Vakum Sealer Sebagai Upaya. Sakai Sambayan -Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 2–3.

Fitriana, R. (2020). Pelatihan Manajemen Pengelolaan Homestay di Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2059

Juhaina, E. (2021). Keamanan Makanan Ditinjau Dari Aspek Higiene Dan Sanitasi Pada Penjamah Makanan Di Sekolah, Warung Makan Dan Rumah Sakit. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 1(1). https://doi.org/10.22437/esehad.v1i1.10763

Kristianto, I. I. (2021). Pengemasan Kreatif dan Pemasaran Online Produk Makanan di Desa Tayuban, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia, 1(4), 521–526. https://doi.org/10.24002/jai.v1i4.4031

Lestari, T. R. P. (2020). Keamanan Pangan Sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Hak Masyarakat Sebagai Konsumen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 57–72. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v11i1.1523

Nurfalaqi, S. I., Umalihayati, U., Puspa, R., Nasrullah, A., Yuliah, Y., Karmila, M., Marlina, M., & Dwiyanti, W. (2023). Pendampingan Eksistensi UMKM Dapros pada Desain Pengemasan, Pemasaran dan Perhitungan Laba-Rugi Secara Digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2133–2141.

Rifai, M. A., Candra, Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2020). Pemberdayaan Istri Kelompok Pembudidaya Ikan Patin dengan Pengembangan Produk Fillet. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 369–379.

Sopian, A., Parmo, Putra, Z, M., & Wijaya, M, S. (2021). Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Ikan Lele di Masa Pandemi Dengan Teknologi Pengemasan dan Penjualan Online di Desa Cogreg Parung Bogor. Jurnal Abdi Masyarakat. Humanis., 3(1), 28–39.

Umami, N., Sri W.H, M. A., & Hayuhantika, D. (2022). Pelatihan Tehnik Pengemasan Dan Pelabelan Untuk Meningkatkan Kemampuan Managemen Pemasaran Untuk Umkm Desa Belimbing. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(2), 85. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i2.680

Watiningsih, T., Sudaryanto, E., Herijanto, S., Elektro, T., Teknik, F., Purwokerto, W., Raya, J., Purwokerto, B. K., & Kunci, K. (2023). Teknologi Pengemasan Desain dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan Desa Kalisalak Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 136–145. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i2.124

Widyastuti, R., Handayani, C. B., Tari, A. I. T., Arianti, Y. S., Dewati, R., & Aini, M. N. (2022). Strategi Pemasaran melalui Pengembangan Teknik Pengemasan dan Pelabelan Merek Dagang terhadap Produk Nugget Jamur Tiram pada UMKM Jamur …. Prosiding Seminar …, 5(1), 2238–2243.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.

Yulia, Y. A., Octaviani, A., & Utomo, A. (2021). Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Untuk Mengangkat Produk Toga Melalui Digital Marketing Dan Pengemasan Di Desa Sumber Bulu Karanganyar. Wasana Nyata, 5(1), 69–74. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v5i1.910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.