SOSIALISASI STANDAR PENGEMASAN PRODUK PANGAN DI UNIT USAHA SMK MUHAMMADIYAH 3 GRESIK
Abstract
Kata kunci: makanan, standar kemasan, usaha
Full Text:
PDFReferences
Anggoro, S., Nurisna, Z., Safitri, M., & Sotyarini, R. (2022). Mekanisasi Proses Packaging Pada Kelompok Usaha Makanan Bahagia di Dusun Wanujoyo Lor. Webinar Abdimas, 5(1), 997–1002.
Aryani, M., Septika, B. H., Krisnahadi, T., Ilhamalimy, R. R., & Supratman, S. (2022). Pelatihan Pengemasan dan Labeling Produk untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Pemasaran bagi UKM Kale Cookies. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 577. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.6003
BPOM RI. (2018). Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Bpom RI, 11, 1–172. https://peraturan.bpk.go.id/Details/219910/peraturan-bpom-no-31-tahun-2018
Darajat, A. ., Murdika, U., Repelianto, A. ., & Yulianti, T. (2023). Penerapan Teknologi Vakum Sealer Sebagai Upaya. Sakai Sambayan -Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 2–3.
Fitriana, R. (2020). Pelatihan Manajemen Pengelolaan Homestay di Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2059
Juhaina, E. (2021). Keamanan Makanan Ditinjau Dari Aspek Higiene Dan Sanitasi Pada Penjamah Makanan Di Sekolah, Warung Makan Dan Rumah Sakit. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 1(1). https://doi.org/10.22437/esehad.v1i1.10763
Kristianto, I. I. (2021). Pengemasan Kreatif dan Pemasaran Online Produk Makanan di Desa Tayuban, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia, 1(4), 521–526. https://doi.org/10.24002/jai.v1i4.4031
Lestari, T. R. P. (2020). Keamanan Pangan Sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Hak Masyarakat Sebagai Konsumen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 57–72. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v11i1.1523
Nurfalaqi, S. I., Umalihayati, U., Puspa, R., Nasrullah, A., Yuliah, Y., Karmila, M., Marlina, M., & Dwiyanti, W. (2023). Pendampingan Eksistensi UMKM Dapros pada Desain Pengemasan, Pemasaran dan Perhitungan Laba-Rugi Secara Digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2133–2141.
Rifai, M. A., Candra, Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2020). Pemberdayaan Istri Kelompok Pembudidaya Ikan Patin dengan Pengembangan Produk Fillet. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 369–379.
Sopian, A., Parmo, Putra, Z, M., & Wijaya, M, S. (2021). Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Ikan Lele di Masa Pandemi Dengan Teknologi Pengemasan dan Penjualan Online di Desa Cogreg Parung Bogor. Jurnal Abdi Masyarakat. Humanis., 3(1), 28–39.
Umami, N., Sri W.H, M. A., & Hayuhantika, D. (2022). Pelatihan Tehnik Pengemasan Dan Pelabelan Untuk Meningkatkan Kemampuan Managemen Pemasaran Untuk Umkm Desa Belimbing. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(2), 85. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i2.680
Watiningsih, T., Sudaryanto, E., Herijanto, S., Elektro, T., Teknik, F., Purwokerto, W., Raya, J., Purwokerto, B. K., & Kunci, K. (2023). Teknologi Pengemasan Desain dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan Desa Kalisalak Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 136–145. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i2.124
Widyastuti, R., Handayani, C. B., Tari, A. I. T., Arianti, Y. S., Dewati, R., & Aini, M. N. (2022). Strategi Pemasaran melalui Pengembangan Teknik Pengemasan dan Pelabelan Merek Dagang terhadap Produk Nugget Jamur Tiram pada UMKM Jamur …. Prosiding Seminar …, 5(1), 2238–2243.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.
Yulia, Y. A., Octaviani, A., & Utomo, A. (2021). Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Untuk Mengangkat Produk Toga Melalui Digital Marketing Dan Pengemasan Di Desa Sumber Bulu Karanganyar. Wasana Nyata, 5(1), 69–74. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v5i1.910
Refbacks
- There are currently no refbacks.