LITERASI EKONOMI ISLAM MELALUI PROGRAM PERPUSTAKAAN PANTI ASUHAN BINA INSANI KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

Husnatul Hadawiyah, Desi Isnaini

Abstract

Panti asuhan ialah tempat dimana anak-anak dibawah umur dan tidak mampu diserahi penghidupan yang lebih baik. Dengan dana dari donator yang berasal dari berbagai kalangan. Panti Asuhan merupakan tempat dimana anak-anak di bawah umur dan tidak mampu diserahi penghidupan yang lebih baik. Dengan dana dari para donatur dari berbagai kalangan dan kalangan. Alhasil, banyak yayasan panti asuhan yang semakin mengembangkan fasilitas, kurikulum, unit usaha, dan lain-lain. Karena banyaknya donasi yang diterima, warga Yayasan Panti Asuhan terkadang salah paham mengenai donasi. Tujuan Penelitian ini adalah Menumbuhkan Literasi Ekonomi Islam dalam Program Perpustakaan, dengan adanya literasi anak-anak dapat bisa belajar seperti membaca, menulis, berbicara berhitung. Dengan dibuatnya perpustakaan ini diharapkan semoga anak-anak tertarik dan bermotivasi lagi untuk hobi membaca dan menulis dan memfasilititasi anak-anak mulai dari membaca koleksi menarik, menggambar bermain edukatif menulis, membuat kerjinan tangan dan sebagainya. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini ruangan perpustakaan lebih berwarna dari sebelumnya, bertambahnya buku-buku dan dengan kegiatan program ini semoga anak-anak panti asuhan bina insani lebih meningkat tentang pengetahuan tentang keilmuan islam melalui dari buku-buku dan poster ekonomi islam.
Kata Kunci: Literasi, Perpustakaan, Panti Asuhan

Full Text:

PDF

References

Campin Veddayani Anita, Rizal Effendi Putra, R. A. dan M. I. (2020). PengenalanLiterasi Untuk Mengembangkan Wawasan Keislaman Anak di Masa New Normaldi Panti Asuhan Puta Muhammadiyah Pekanbaru. Jurnal Abdidas, 1(6), 787.

Hari Santoso. (n.d.). “Promosi Sebagai Media Pembayaran Peprustakaan Sekolah.” In Jurnal Perpustakaan Sekolah.

Qamarina. (2017). Penerapan Panti Asuhan Dalam Melaksanakan Fungsi Pengganti Keluarga Anak Asuh UPTD Panti Sosial Anak Harapan Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Negara, 5(3), 89.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.