Edukasi Pemilih Milenial Pada Ajang Pemilihan Umum dalam Membentuk Perubahan Tatanan Sosial Masyarakat di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Silvia Tabah Hati, Syah Wardi

Abstract

Artikel ini menganalisis peran vital pemilih milenial, khususnya mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, dalam membentuk perubahan tatanan sosial masyarakat. Melalui studi kasus mendalam, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana partisipasi politik dan pengaruh media sosial membentuk pandangan serta tindakan mereka terhadap perubahan sosial. Metode penelitian melibatkan survei, wawancara, dan analisis konten media sosial untuk menyelidiki persepsi, sikap, dan tingkat keterlibatan mahasiswa sebagai pemilih milenial. Hasilnya memberikan pemahaman mendalam tentang sejauh mana pemilih milenial, khususnya di lingkungan akademis, berperan dalam menginisiasi dan merespons perubahan tatanan sosial. Artikel ini tidak hanya memberikan gambaran tentang dinamika politik di kalangan mahasiswa, tetapi juga menyoroti dampak penggunaan media sosial sebagai alat utama dalam menyebarkan ide, informasi, dan kampanye politik. Kesimpulan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pemangku kepentingan, lembaga pendidikan, dan masyarakat umum mengenai potensi perubahan yang dapat dilakukan oleh pemilih milenial, terutama di lingkungan perguruan tinggi.

Kata kunci: Pemilihan Umum, Milenial, Media Sosial

Full Text:

PDF

References

Fachruddin, Fuad. Agama Dan Pendidikan Demokrasi Pengalaman Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2006.

Goa, Lorentius. “PERUBAHAN SOSIAL DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT.” Jurnal Suara Kateketik Dan Pastoral (SAPA) 2, no. 2017 (2AD).

Hati, Silvia Silvia Tabah. “UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MULTIKULTURAL.” IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya 4, no. 2 (2020).

Ibrahim, Islahuddin, and Askar Nur. “Degradasi Politik Nilai Mahasiswa Dalam Gerakan Sosial: Perspektif Ambivalensi.” Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya 4, no. 1 (2023).

Itok Dwi Kurniawan, and Hanuring Ayu Ardhani Putri. “Perkembangan Politik Populisme Di Indonesia.” Jurnal Inovasi Penelitian 2, no. 4 (2021).

Saiin, Asrizal. “PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT TERHADAP PEMILIHAN UMUM PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE.” JURNAL BAWASLU PROVINSI KEPULAUAN RIAU 2, no. 2 (2020).

Samekto, Adji. “Pembangunan Berkelanjutan Dalam Tatanan Sosial Yang Berubah.” Jurnal Hukum Progresif (JHP) 1, no. 2 (2005).

Sarofah, Riska. “Pengaruh Pendidikan Politik Gen Z Dan Millenial Terhadap Upaya Mewujudkan Pemilu Serentak Tahun 2024 Yang Berintegritas.” Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan 9, no. 1 (2023).

SELANNO, HENDRY. “Faktor Internal Yang Mempengaruhi Perilaku Organisasi.” Populis 8, no. 2 (2014).

Sunarso. “Pendidikan Politik Dan Politik Pendidikan.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 4, no. 2 (2007).

Suyasa, P. Tommy Y.S. Memahami Perilaku Kerja Kontrapoduktif. Yogyakarta: Cv. Andi Offset, 2018.

Wardi, Syah, and Zuhri Arif. “A Critical Review on The Law of Cina Buta (Chinese Blind) According to Shaykh Abdul Qadir Bin Abdul Muthalib Al Mandili Al Indonesia Al Shafi’i.” DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 21, no. 1 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.35905/diktum.v21i1.4954.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.