PELATIHAN MANAJERIAL DAN PEMASARAN PENGOLAHAN IKAN LAUT DI BONTANG KOALA, KALIMANTAN TIMUR

Herning Indriastuti, Budi Nugroho

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan laut terbesar di dunia, namun belum mampu memaksimalkan pengelolaan dan pengolahannnya. Berdasarkan data dan studi pendahuluan di industry ukm pengolahan ikan laut Bontang Koala, terlihat masih rendahnya jiwa kewirausahaan dan belum optimalnya pemasaran yang dilakukan oleh para ukm, untuk itu pengabdian dilakukan untuk pendampingan manajerial dan pemasaran para ukm pengolah ikan laut di Bontang Koala, Kalimantan Timur. Metode yang dilakukan adalah service learning. Hasil identifikasi, dengan responden atau peserta 60 orang, dimana rata rata ukm belum melakukan manajerial dengan baik dan benar, hanya 15% yang sudah melakukan manajerial yang baik dan benar seperti pembukuan dan inovasi produk. Sedangkan ukm yang sudah melakukan proses pemasaran online baru 58%, itu pun bukan dengan platform e-commerce, hanya menggunakan platform media social seperti Instagram, Tik Tok ataupun Facebook. Sisanya masih menggunakan cara konvensional atau tradisional. Kegiatan ini telah memberi pemahaman cara menjadi wirausahawan melalui manajerial yang baik dan benar, serta memberi pemahaman tentang pengunaan platform media online untuk pemasaran.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Diamond, S. (2019). Digital Marketing All-in-One for Dummies. John Wiley & Sons,Inc.

Hanfan, A., & Setiawan, A. I. (2018). Exploiting Regio-centric Product Advantage to Increase Small and Medium Enterprises ’ ( SMEs ) Marketing Performance. International Journal of Economics and Business Administration, VI(2), 3–26.

Haryati, E., Mustofa, A., Syahadiyanti, L., Suyanto, S., Juni, S., & Astuti, W. (2023). Marketplace governance in the context of empowering MSMEs inside the realm of online shopping. 4(3), 602–617.

Indriastuti, H. (2019). Entrepreneurial innovativeness, relational capabilities, and value co-creation to enhance marketing performance. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 181–188. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7328

Killa, M. F. (2017). A Study on Product Innovation Portfolio and Customer Value Creation : Bridging Entrepreneurial Risk-Taking Orientation and Marketing Performance. ASEAN Marketing Journal, 9(2), 80–89.

Nuryakin, Widayanti, R., Damayanti, R., & Susanto. (2021). The importance of market information accessibility to enhancing SMEs Indonesian superior financial performance. International Journal of Business Innovation and Research, 25(1), 1–18. https://doi.org/10.1504/IJBIR.2021.115010

Purworini, D., Surakarta, U. M., Purworini, D., Rizkhy, R., Chasana, B., Palupi, P., & Setyawan, S. (2023). The Role of Community Empowerment in the Development of a Marketing Communication Strategy for Kembang Kuning Tourism Village. ASEAN Journal of Community Engagement, 7(1), 113–126. https://doi.org/10.7454/ajce.v7i7.1193

Shofiyuddin, A., Mahmudah, N., & Mu, M. (2023). Marketing Training for SMEs Products Processed by Sea Grape in Paciran Lamongan Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Hasil Olahan Anggur Laut di Paciran Lamongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1377–1384.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.