DIGITAL MARKETING SOLUSI GAET KONSUMEN DIGITAL PADA PELAKU USAHA FAZILA

Agus Supriono, Fadhli Nur Himawan, Evita Soleha Hani, Yuli Hariyati, Titin Agustina

Abstract

Desa Tanjung Kamal merupakan desa yang sebagian masyarakatnya merupakan pelaku usaha yang memanfaatkan hasil alam yang melimpah. Namun, dalam menjalankan wirausaha tersebut ternyata masih belum efektif dan efisien. Salah satu faktor belum efektifnya wirausaha tersebut adalah metode pemasaran yang diterapkan masih konvensional sehingga pasar penjualan tidak luas. Oleh karena faktor tersebut, digital marketing hadir menjadi solusi untuk meluaskan pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital. Pada Artikel ini akan dibahas bagaimana penerapan dan eksekusi digital marketing pada wirausaha yang terdapat di Desa Tanjung Kamal. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan metode pemasaran modern digital marketing pada wirausaha di Desa Tanjung Kamal sehingga pemasaran produk dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien dan berdampak positif pada perkembangan wirausaha tersebut. Penelitian dilakukan dengan serangkaian tahapan atau metode pelaksanaan guna mempermudah proses penelitian. Hasil dari program ini adalah diterapkannya metode digital marketing pada wirausaha terkait beserta segala dokumen pendukungnya.

Kata Kunci : digital marketing, pemasaran, UMKM

Abstract
Tanjung Kamal Village is a community where a significant portion of its residents engage in businesses that utilize the abundant natural resources. However, in conducting these entrepreneurial activities, it appears that they are not yet effective and efficient. One of the factors contributing to the ineffectiveness is the conventional marketing methods being employed, limiting the scope of product sales. Consequently, digital marketing emerges as a solution to broaden product marketing by leveraging digital media. This article will discuss the implementation and execution of digital marketing for businesses in Tanjung Kamal Village. The goal of this research is to utilize modern marketing methods, specifically digital marketing, for businesses in Tanjung Kamal Village, thus enabling more effective and efficient product marketing and positively impacting the development of these businesses. The research is conducted through a series of stages or methods to streamline the research process. The outcome of this program is the application of digital marketing methods for the relevant businesses, along with all supporting documents.

Keywords: digital marketing, marketing, MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises).

Full Text:

PDF

References

Beddu, M., Nurbakti, R., & Natsir, U. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Era New Normal… YUME : Journal of Management Analisis Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Era New Normal. YUME : Journal of Management, 4(3), 378–391.

Budiman, J., & Agustiwi, W. (2022). Utilization Of Digital Marketing For Kaca Cipta Mandiri MSMEs. 2(1), 90–103.

Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246.

Novia, C., Hasanah, L. U., & Amalia, M. R. (2022). Dampak Digitalisasi Marketing Terhadap Daya Saing UKM Tahu. 10(2), 115–122.

Saragih, R., & Purba, T. O. H. (2022). Penguatan Digitalisasi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pelaku Umkm Perempuan. 2(2), 137–144.

Wardana, Aditya. 2018. Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4-1.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.