PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMASARAN UMKM RUMAH JAMU ARGOMULYO

Ananda Fitri Salsabillah Nainggolan, Diana Airawaty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan digital marketing dalam meningkatkan efektivitas pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rumah Jamu Argomulyo di Yogyakarta. Dalam era digitalisasi, UMKM dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang kini lebih cenderung menggunakan platform digital. Rumah Jamu Argomulyo menghadapi kendala dalam pemasaran tradisional dan upaya online sebelumnya yang terbatas pada lingkaran terdekat saja. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, penulis memberikan pelatihan penggunaan media sosial dan marketplace seperti Shopee serta pembuatan brosur di aplikasi Canva. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa sesi yang mencakup wawancara untuk mengidentifikasi kendala, pelatihan pembuatan brosur, dan pendampingan pemasaran online. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM dalam menggunakan alat digital untuk memasarkan produk mereka. Dengan demikian, penerapan digital marketing terbukti efektif dalam membantu UMKM memperluas pangsa pasar dan menarik minat konsumen yang lebih luas.

Kata kunci: UMKM, Digital Marketing, Media Sosial

Full Text:

PDF

References

Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial (Kencana, Ed.; Cetakan Pe). Prenada Media Group.

Gielens, K., & Steenkamp, J. B. E. M. (2019). Branding in the era of digital (dis)intermediation. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 367–384. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2019.01.005

Khasanah, R. N., & Airawaty, D. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Pembukuan Sederhana Menggunakan Aplikasi Bukuwarung pada UMKM Menengah (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Pasar Bringharjo). Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(1), 110–118.

Lussy, M., & Airawaty, D. (2024). Literasi Edukasi Aplikasi Keuangan Digital Bukuwarung Pada Umkm Warmindo Fortuna Dan Warmindo Wisesa. Advances In Social Humanities Research, Volume 2,.

Maulida, R. (2023). Kriteria UMKM & Pajaknya yang Perlu Anda Ketahui! Online Pajak. https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/kriteria-umkm-dan-pajaknya

Nainggolan, N. T., Sudarso, A., Nainggolan, L. E., Hastuti, P., Putu, D., Ardiana, Y., Sudirman, A., Gandasari, D., Mistriani, N., Halim, A., Kusuma, P., Rumondang, A., & Gusman, D. (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital (J. Simarmata, Ed.; Cetakan 1,). Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, B. A., & Airawaty, D. (2023). Edukasi Akuntansi Digital Melalui Aplikasi Akuntansiku Pada Umkm Cv Asa Mandiri & Pt Gesang Sempulur Migunani. Jurnal Budimas, Vol. 06, N.

Sanjaya, P. K. A., & Nuratama, I. P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (M. Yunus, Ed.; Cetakan pe). CV.Cahaya Bintang Cemerlang.

Wijaya, D. (2020). Marketplace Pedia (Pratiwi, Ed.; Cetakan pe). Laksana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.