PELATIHAN DESAIN WEBSITE WUJUDKAN START-UP AND SOCIAL ENTREPRENEURSHIP BAGI SISWA SMK KARYA SERDANG LUBUK PAKAM

Authors

  • Asima Manurung Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Normalina Napitupulu asimamanurung73@gmail.com, Indonesia
  • Katrin Jenny Sirait asimamanurung73@gmail.com, Indonesia
  • Desmon Gunadi Siagian Program D3 Administrasi Bisnis, Jurusan AN, Politeknik Negeri Medan, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i2.14228

Abstract

Setiap lulusan dari sekolah menengah kejuruan dituntut untuk siap bekerja dengan keterampilan yang diperoleh selama belajar di sekolah kejuruan. Di era Society 5.0 ini, sebuah bisnis harus dijalankan secara digital agar dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Siswa kelas XII yang merupakan calon alumni SMK Karya Serdang Lubuk Pakam diharapkan menjadi lulusan yang siap kerja di era society 5.0 dan juga mampu menguasai cara menjalankan bisnis digital nantinya. Website adalah platform yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis secara digital. Website berisi informasi bisnis yang ditampilkan semenarik mungkin agar dapat menarik pelanggan. Oleh karena itu, pelatihan desain website diberikan kepada kelas Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa kelas XII di SMK Karya Serdang Lubuk Pakam untuk menjadi wirausaha dengan tujuan memberikan pelatihan Start Up dan Social Entrepreneurship agar mahasiswa memahami dan mampu menerapkan ilmunya sehingga dapat menjadi wirausaha. Pengusaha muda yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pemasaran bisnis. Selain itu, pada program ini juga diumumkan bahwa program studi D3 Teknik Informatika USU dipindahkan dari fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ke Fakultas Vokasi USU karena tidak banyak yang mengetahuinya.

References

Damayanti, A., Delima, I. D., & Suseno, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 173–190. https://doi.org/10.24076/pikma.v6i1.1308

Handriyanto, H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Peserta Didik. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59–67. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6751

Henriyan, A. P., Ardi, F. M., Putra, H. L., & Ridlo, M. R. (2018). Implementasi Manajemen Proyek Pada Pembuatan Website Profi Perusahaan Percetakan. Seminar Nasional Informatika, Sistem Informasi Dan Keamanan Siber (SEINASI-KESI), 94–101.

Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. In Gramedia Pustaka (Issue September). Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, G. P. (2021). Apa Itu Situs Web dan Berapa Jumlahnya Saat Ini? Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/10/01/15050027/apa-itu-situs-web-dan-berapa-jumlahnya-saat-ini-?page=all

Seneviratne, O., & Hendler, J. (Eds.). (2023). Linking the World’s Information. ACM. https://doi.org/10.1145/3591366

Wahyuningsih, W. (2018). Millenium Develompent Goals (Mdgs) Dan Sustainable Development Goals (Sdgs) Dalam Kesejahteraan Sosial. Bisma, 11(3), 390. https://doi.org/10.19184/bisma.v11i3.6479

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Manurung, A., Napitupulu, N., Sirait, K. J., & Siagian, D. G. (2024). PELATIHAN DESAIN WEBSITE WUJUDKAN START-UP AND SOCIAL ENTREPRENEURSHIP BAGI SISWA SMK KARYA SERDANG LUBUK PAKAM. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i2.14228

Citation Check