PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WISATA GENTAN BULU DALAM MENYUSUN KONTEN DIGITAL MELALUI PELATIHAN CANVA

Farid Fitriyadi, Erna Indriastiningsih, Ahmad Khoirul Anwar

Abstract

Pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Gentan Bulu dilakukan melalui pelatihan penggunaan Canva untuk menyusun konten digital. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan warga dalam membuat materi promosi yang menarik dan efektif guna memasarkan potensi desa wisata mereka. Metode pelatihan meliputi tiga tahap: persiapan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, tim berkoordinasi dengan perangkat desa untuk mengatur jadwal dan membagi tugas antara dosen dan mahasiswa. Tahap implementasi mencakup edukasi tentang pentingnya media sosial, dan praktik penggunaan Canva. Evaluasi dilakukan melalui google form untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas peserta sangat puas dan merasakan manfaat besar dari pelatihan ini. Pelatihan Canva berhasil meningkatkan kemampuan warga Desa Wisata Gentan Bulu dalam mempromosikan desanya secara mandiri, yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan pendapatan ekonomi daerah. Kekurangan yang diidentifikasi adalah perlunya durasi pelatihan yang lebih lama dan materi yang lebih mendalam. Pelatihan ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan digital masyarakat desa sangat penting dalam pengembangan dan pemberdayaan desa wisata.

Full Text:

PDF

References

AStina, P. D. (2022). Peningkatan UMKM Bidang Pemasaran dan Perekonomian. SOROT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,, 1-6.

Boundless. (2016, May 26 ). “Politics.”. Retrieved Juny 2016, 01, from Boundless Sociology: https://www.boundless.com/sociology/textbooks/boundless-sociology-textbook/stratification-inequality-and-social-class-in-the-u-s-9/the-impacts-of-social-class-77/politics-460-4972/

Budiarto, S. (2019). Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 308-313.

Canva. (2022, 12 20). Memberdayakan dunia untuk mendesain. Retrieved from www.canva.com/id_id/about/: www.canva.com/id_id/about/

Darmawan, L. S. (2022). . Pelatihan Online Content Marketing dan Desain Bagi Pemula Dengan Menggunakan Canva. Jurnal Abdimas Perbanas: Jurnal Pengabdian Masyakarat Perbanas Instute Jakarta,, 32-39.

Insana. (2020). Penerapan Model Canvas, Marketing Mix Dan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Dan. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, , 168-173.

Khomariah, P. (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 795-801.

Miles, M. B., & Huberman, A. Michael. (1992). Qualitative Data Analysis, ter: Tjetjep Rohendi Rohendi dengan Judul: Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Samovar, L., Porter, R., R.Mc Daniel, E., & Roy, C. (2013). Communication Between Cultures.Eighth Edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Susanti, I. (2020, Desember 02). Pengembangan Desa Wisata, Kemenparekraf Apresiasi 20 Perguruan Tinggi. Retrieved from sindonews.com: https://ekbis.sindonews.com/read/254530/34/pengembangan-desa-wisata-kemenparekraf-apresiasi-20-perguruan-tinggi-1606954349

Würtz, E. (2005). Intercultural Communication on Web sites: A Cross-Cultural Analysis of Web sites from High-Context Cultures and Low-Context Cultures. Journal of Computer-Mediated Communication, 11: 274–299.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.