PENGGUNAAN APLIKASI SCORE CREATOR PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 12 KABUPATEN TANGERANG

Lisna Hikmawaty, Oktian Fajar Nugroho, Irma Damayantie

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat didasari dengan kurangnya kajian terkait penggunaan aplikasi Score Creator dalam pembelajaran seni musik di Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang. Aplikasi Score Creator digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah siswa dalam memahami dan menciptakan notasi musik. Tujuan pengabdian masyarakat adalah memberikan pemahaman terkait penggunaan aplikasi Score Creator di SMKN 12 Kabupaten Tangerang. Hasil dan luaran yang diharapkan dari pengabdian ini ialah siswa/I dapat menggunakan aplikasi Score Creator dengan baik dan mampu meningkatkan kreativitas serta pemahaman siswa terhadap konsep notasi musik. Selain itu, aplikasi ini juga memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Score Creator dinilai efektif sebagai media pembelajaran seni musik di SMK Negeri 12 Kabupaten Tangerang.

Full Text:

PDF

References

Nasution, A. A., & Marpaung, R. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMA di Kota Medan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 132-141.

Pratama, D. R., & Laksana, K. G. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dan Tingkat Literasi Digital pada Generasi Z di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 25-34.

Rakhmawati, A. (2019). Literasi Digital dalam Perspektif Komunikasi Pembangunan. Jurnal The Messenger, 11(1), 64-75.

Mardiana, R., & Suryani, L. (2019). Hubungan Antara Keterampilan Teknis dan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2), 191-198.

Susanto, A. D., & Utomo, D. W. (2019). Studi Literasi Digital Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Informasi dan Multimedia, 6(2), 76-84.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.