MANAJEMEN PENGELOLAAN WORKSHOP KAYU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNS

Authors

  • Ida Nugroho Saputro Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Waluyo Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.14797

Abstract

Manajemen pengelolaan pada workshop dan laboratorium merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang apa, bagaimana, dan mengapa suatu workshop dan laboratorium dikelola untuk mencapai tujuan institusional pendidikan. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNS merupakan salah satu institusi pendidikan formal guna meningkatkan sumberdaya manusia didunia industri maupun dunia usaha. Sehingga harus diadakan manajemen pengelolaan workshop dan laboratorium yang terstruktur agar tercapai kegiatan belajar mengajar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa workshop kayu Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNS pada beberapa variabel yang meliputi variabel perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sudah berjalan dengan baik, namun masih didapati hambatan. Hambatan tersebut berupa alat yang sudah tua, mekanisme pengajuan pengadaan yang sedikit sulit, keterbatasan anggaran, keterlambatan bahan, masih kurangnya kapasitas sumber daya manusia atau laboran dalam workshop kayu PTB UNS untuk dapat merawat dan memperbaiki seluruh mesin kerja alat yang dimiliki, sulit dilakukannya pengawasan saat berlangsungnya praktikum pada workshop kayu PTB UNS dikarenakan kesibukan dosen dan juga didapati keterlambatan datang mahasiswa praktik pada saat akan dimulainya pelaksanaan praktik. Upaya yang dilakukan untuk dapat mengatasi faktor-faktor hambatan tersebut meliputi pengadaan lebih untuk perbaikan sarana dan prasarana dalam workshop kayu PTB UNS, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia atau laboran agar dapat memelihara keseluruhan laboratorium yang dimiliki program studi PTB, perlu dilakukan pengawasan yang lebih ketat lagi pada saat penggunaan sarana dan prasarana yang ada pada workshop kayu PTB UNS, mahasiswa diharapkan dapat kooperatif pada saat pelaksanaan praktikum yang berlangung.

Author Biography

Ida Nugroho Saputro, Universitas Sebelas Maret

Department building education

References

Abdillah, F. (2020). Manajemen Organisasi Pendidikan Kejuruan. Jember: Crdas Ulet Kreatif.

Ananto, S. D. (2017). Manajemen Laboratorium Komputer di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Yogyakarta: UNY Press.

Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Kurniadin, D., & Machali, I. (2013). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Manullang, M. (2002). Dasar Dasar Manajemen. Yogyakarta: UGM Press.

Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Munarti, & Sutjihati, S. (2018). Standar Sarana Prasarana Laboratorium IPA Sekolah Menengah Atas di Wilayah Bogor. Pendagonal Pendidikan, 2.

Nawawi, H. (2000). Administrasi Personel Untuk Peningkatan Produktifitas Kerja. Jakarta: Haji Intermedia.

Nugraheni, C. D. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Produksi di Workshop Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta: UNS Press.

Pemerintah Republik Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2012). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pergururan Tinggi. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Prihananto, W. (2016). Manajemen Bengkel Program Keahlian Teknik Permesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ranupandojo, H. (1996). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Sudjana. (2000). Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, & Nurjanah, S. (2015). Manajemen Bengkel dan Laboratorium Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Sutisna, O. (1983). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Terry, G. R. (2003). Prinsip-Prinsip Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.

Yuliawati, S. (2012). Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Widya Pendidikan, 29.

Published

2024-12-31

How to Cite

Saputro, I. N., & Waluyo, W. (2024). MANAJEMEN PENGELOLAAN WORKSHOP KAYU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNS. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.14797

Citation Check

Most read articles by the same author(s)