PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK PISANG UMI SNACK DESA PASAR BANGGI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG

Siti Nurmawati, Anik Nurhidayati

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berlokasi di Desa Pasar Banggi RT 002 RW 002 Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang mengalami masalah terkait identitas dan legalitas perusahaan. Tujuan Kuliah Kerja Usaha (KKU) adalah untuk membantu UMKM mengatasi masalah tersebut. Melalui pembuatan logo, label, pendaftaran NIB, dan pembuatan Google Maps, KKU mengidentifikasi masalah dan menerapkan program yang dirancang berdasarkan hasilnya. Hasil dari upaya ini menunjukkan bahwa UMKM sekarang memiliki logo, label, NIB, dan terdaftar di Google Maps. Ini diharapkan akan meningkatkan daya saing dan profesionalitas bisnis. Program ini membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) mengatasi masalah identitas dan legalitas.

References

Dewi, R. K., & Kusumawati, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Keripik Pisang di Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 62-69. Link: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jptn/article/view/12801

Sari, D. P., & Susanti, H. (2022). Analisis daya saing UKM keripik pisang di Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen, 9(2), 101-114. Link: https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/JM/article/view/3661

Khasanah, R. N., & Airawaty, D. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Pembukuan Sederhana Menggunakan Aplikasi Bukuwarung pada UMKM Menengah (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Pasar Bringharjo). Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 3(1), 110–118.

Lussy, M., & Airawaty, D. (2024). Literasi Edukasi Aplikasi Keuangan Digital Bukuwarung Pada Umkm Warmindo Fortuna Dan Warmindo Wisesa. Advances In Social Humanities Research, Volume 2,.

Maulida, R. (2023). Kriteria UMKM & Pajaknya yang Perlu Anda Ketahui! Online Pajak. https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/kriteria-umkm-dan-pajaknya

Nainggolan, N. T., Sudarso, A., Nainggolan, L. E., Hastuti, P., Putu, D., Ardiana, Y., Sudirman, A., Gandasari, D., Mistriani, N., Halim, A., Kusuma, P., Rumondang, A., & Gusman, D. (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital (J. Simarmata, Ed.; Cetakan 1,). Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, B. A., & Airawaty, D. (2023). Edukasi Akuntansi Digital Melalui Aplikasi Akuntansiku Pada Umkm Cv Asa Mandiri & Pt Gesang Sempulur Migunani. Jurnal Budimas, Vol. 06, N.

Sanjaya, P. K. A., & Nuratama, I. P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (M. Yunus, Ed.; Cetakan pe). CV.Cahaya Bintang Cemerlang.

Wijaya, D. (2020). Marketplace Pedia (Pratiwi, Ed.; Cetakan pe). Laksana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.