PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA(KKN) DI DESA MUKA PAYA KABUPATEN LANGKAT

Nazaruddin Nasution, Muhammad Fahrol, Cahya Amelia, Hidayati Siregar

Abstract

Desa Muka Paya merupakan sebuah desa di Kecamatan Hinai, yang memiliki populasi sekitar 3.292 orang dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Desa ini menjadi lokasi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa kelompok 137, yang melaksanakan berbagai program untuk mengatasi tantangan sosial, ekonomi, dan pendidikan di desa tersebut.
Program-program KKN yang dilaksanakan meliputi moderasi beragama dengan sosialisasi cara berwudhu yang benar, pemberdayaan UMKM berbasis digital untuk meningkatkan pemasaran produk susu kedelai lokal, penanganan stunting dengan memberikan edukasi dan gizi tambahan, serta kampanye anti-bullying di sekolah dasar setempat. Selain itu, program KKN juga berupaya meningkatkan minat pendidikan di desa dengan mengadakan les privat, ngaji rutin, dan kegiatan mengajar di sekolah. Dalam setiap program yang dilaksanakan diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di desa Muka Paya. Metode yang di gunakan dalam menjalakan program ini adalah metode Participatory Action Research (PAR) merupakan pendekatan yang prosesnya bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebeutuhan praktis Masyarakat.

Full Text:

PDF

References

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.

Afrianda, C. R. (2024). Studi mengenai dampak bullying pada tingkat sekolah dasar di SDN Malabar Kota Bogor. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 4(1), 55-56.

Anjani, A. Y. (2021). Minat belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas V SD Negeri 107826 Pematang Sijonam tahun ajaran 2020/2021. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(1), 2.

Asmiati, d. (2022). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat melanjutkan studi anak pada masyarakat nelayan di Desa Seruni Mumbul Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 786.

Astari, N. M., & Efelina, V. (2021). Penerapan metode participatory rural appraisal (PRA) pada susu kedelai di Desa Kutagandok. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(1), 164-176.

Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(2), 66-67.

Efendi, S., Sriyanah, N., Cahyani, A. S., Hikma, S., & K, K. (2021). Pentingnya pemberian ASI eksklusif untuk mencegah stunting pada anak. Idea Pengabdian Masyarakat, 1(02), 107-111. https://doi.org/10.53690/ipm.v1i01.71

Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran bagi remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64-80.

Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas penggunaan sosial media Tik Tok sebagai media promosi ditinjau dari perspektif buying behaviors. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 112-120.

Fitriani, F., & Darmawi, D. (2022). Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kejadian stunting pada balita di Desa Arongan Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Biology Education, 10(1), 23-32. https://doi.org/10.32672/jbe.v10i1.4114

Hartanti, D. Y., & Sutrawati, M. (2021). Upaya pemberdayaan masyarakat melalui produksi dan pemasaran susu kedelai. Tribute: Journal of Community Services, 2(2), 71-77.

Lestari, M. d. (2020). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (Kasus pada remaja di Desa Sepadu). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(7), 3.

Najah, N. (2022). Verbal bullying siswa sekolah dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Education, 8(3), 1187.

Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi social commerce usaha bro. do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136-149.

Oknaryana, d. O. (2022). Pengaruh minat belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ecogen, 5(2), 258-259.

Panigoro. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tilongkabila. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Gizi, 1(1), 79-91.

Permadi, R. N., Sari, M. R., & Prawitasari, N. (2022). Pemanfaatan media sosial sebagai platform utama pemasaran produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15.

Praxis. (2022). Permasalahan anak pendek (stunting): Stunting problems (A literature review). Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1-4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

Puspasari, H. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada anak usia 1-24 bulan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(10), 5061. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i10.4363

Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi peningkatan pemasaran melalui media sosial terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 141-152.

Rochmatun Hasanah, Fahimah Aryani, & Effendi, B. (2023). Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan stunting pada anak balita. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.59025/js.v2i1.54

Rozinah, S., & Meiriki, A. (2020). Pemanfaatan digital marketing pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 3(2).

Safitri, D., & Faddila, S. P. (2023). Pemanfaatan website sebagai media informasi dan promosi UMKM susu kedelai Desa Sampalan. ABDIMA Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 4244-4250.

Sairah, S., Nurcahyani, M., & Chandra, A. (2023). Analisis penyebab kejadian stunting pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3840-3849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4717

Solahudin, D. D. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya minat baca pada siswa kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1405.

Sofyan, F. A. (2022). Bentuk bullying dan cara mengatasi masalah bullying di sekolah dasar. Jurnal Multidisipliner, 1(4), 501-502.

Swissia, P., & Halimah, H. (2023). Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe Mbah Mul di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5949-5956.

Suryani, K., Rini, M. T., Hardika, B. D., & Widiastari, N. K. (2023). Analisis faktor penyebab kejadian stunting. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 6(1), 8-12. https://doi.org/10.52774/jkfn.v6i1.112

Wardani, P. (2023). Pemanfaatan sosial media untuk promosi usaha kuliner. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 18(1).

Wardani, Z., Sukandar, D., Baliwati, Y. F., & Riyadi, H. (2021). Sebuah alternatif: Indeks stunting sebagai evaluasi kebijakan intervensi balita stunting di Indonesia. Gizi Indonesia, 44(1), 21-30. https://doi.org/10.36457/gizindo.v44i1.535

Wartika, I. M. B. L. P., Mahendra, A. A. P. P., Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.