OPTIMALISASI MANAJEMEN PKBM NITI MANDALA CLUB MELALUI PEMASARAN DAN BUKU KAS DIGITAL SERTA KREATIVITAS PENGELOLAAN LIMBAH

Ni Made Dwi Puspitawati, Ni Putu Yeni Astiti, Made Pradnyan Permana Usadi, I Putu Wahyu Dwinata JS, Ni Made Indah Mentari

Abstract

PKBM Niti Mandala Club Denpasar memiliki peran penting dalam menyediakan pendidikan non-formal bagi kelompok masyarakat yang tidak dapat mengakses pendidikan formal, termasuk anak putus sekolah dan penyandang disabilitas. Meskipun menawarkan pendidikan yang fleksibel dan terjangkau, PKBM ini menghadapi tantangan dalam hal pendanaan dan pemanfaatan teknologi. Penggunaan strategi pemasaran digital melalui media sosial dan situs web dinilai penting untuk memperluas jangkauan informasi terkait program-program yang ditawarkan. Selain itu, penggunaan buku kas digital diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan dan transparansi laporan keuangan, yang berpotensi menarik lebih banyak dukungan dari donatur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu PKBM Niti Mandala Club dalam mengatasi tantangan tersebut dengan mengoptimalkan penggunaan pemasaran dan buku kas digital, serta pengelolaan limbah sebagai bagian dari upaya peningkatan kreativitas. Program ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, yang bertujuan untuk memperkuat manajemen dan keberlanjutan PKBM di era digital.

References

Albanna, H., Alalwan, A. A., & Al-Emran, M. (2022). An integrated model for using social media applications in non-profit organizations. International Journal of Information Management, 63(April), 102452. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102452

Chen, E., & Divall, M. (2018). Social media as an engagement tool for schools and colleges of pharmacy. American Journal of Pharmaceutical Education, 82(4), 354–364. https://doi.org/10.5688/ajpe6562

Diana, E., Rullyanti, M., Sembiring, L. T. A. B., Habibie, & Aila. (2021). Pengenalan Literasi Digital Untuk Peserta Pkbm Ilmu Bunda Kota Bengkulu. Jurnal Kewirausahaan & Bisnis, 4(1), 11–14. http://jurnalunived.com/index.php/JKB/article/view/54%0Ahttps://jurnalunived.com/index.php/JKB/article/download/54/83

Fadhli, K., Usluhiyah, R., & Widyaningsih, B. (2021). Pembelian Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( Mbr ) Di Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 5–11.

Febriyanti, P., & Devi, S. (2022). Kepercayaan Donatur Pada Lembaga Bali Children Foundation ( Bcf ). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 13(2), 344–356.

Lady, Delfina, Ng, I., Quinn, F., Wijaya, A. J., & Lie, H. W. (2023). The Effectiveness of Digital Marketing: A Case Study of One Bowl Soup MSMEs. Journal of Business & Applied Management, 16(2), 101. https://doi.org/10.30813/jbam.v16i2.4589

Nurleni, A., & Widiastuti, N. (2018). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Memberdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Tata Boga (Study Kasus di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 1–6. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.651

Prabowo, A. A., Setiawan, E. B., & Udayana, I. B. N. (2023). SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DAN EDUKASI PERPAJAKAN DI PADUKUHAN SUREN WETAN. Jurnal BUDIMAS, 05(02), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Putranto, A. T., Banjal, T. P., Haris, R., & Januar, D. (2023). Pemanfaatan Digitalisasi untuk Meningkatkan Kualitas dan Menunjang Pembelajaran di PKBM Cipta Cendikia. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 29–31. https://doi.org/10.56457/dinamika.v1i2.478

Wijaya, I. F., Prabowo, M. A., Widjajanto, A., Supriyono, E., & Sumarta, N. H. (2024). Pelatihan Video Pendek Untuk Promosi Produk UMKM. Jurnal BUDIMAS, 06(01), 1–23.

Zaifullah, Z., Cikka, H., Kahar, M. I., Ismail, M. J., & Iskadar, I. (2023). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal di Era Society 5.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14539–14549. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.2089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.