PENGEMBANGAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI DAN PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS DIGITAL PERKUMPULAN PENGUSAHA GADING SUKOWATI SRAGEN

Authors

  • Khabib Alia Akhmad Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia
  • Eko Purwanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tri Djoko Santosa Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v%25vi%25i.15113

Abstract

Perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia menjadi fokus utama para stakeholder, karena memberikan dampak yang positif dalam perekonomian Indonesia dengan menyumbang sebagian besar produk domestik bruto (PDB) negara serta menciptakan mayoritas lapangan kerja di sektor swasta. Di Kabupaten Sragen, para UMKM tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Gading Sukowati (P2GS) didirikan sejak tahun 2019 dan beranggotakan lebih dari 200 pelaku UMKM. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan, anggota P2GS terkendala lemahnya pengelolaan manajerial dan kurang adanya komunikasi pemasaran dengan hubungan dengan pelanggan, sehingga konsumen/pelanggan yang kembali membeli produk (retensi) masih sangat kecil. Pelaku UMKM yang tergabung dalam P2GS membutuhkan sistem informasi yang dapat diakses secara mudah dan cepat yakni sistem informasi yang dapat digunakan untuk mengelola manajerial dan Sistem E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). Tahapan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui tahapan kegiatan sosialisasi, tahapan pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan anggota P2GS sudah melakukan implementasi sistem yang telah dirancang, termasuk pengaturan alur kerja dan integrasi dengan proses bisnis yang ada. Kegiatan ini dapat mengoptimalkan pengelolaan administrasi UMKM dan memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui penerapan teknologi yang efisien dan terintegrasi yang telah dibuat oleh tim PKM. Keyword: UMKM, Manajerial, Pemasaran, Sistem informasi

References

Afolayan, A., Plant, E., White, G. R., Jones, P., & Beynon-Davies, P. (2015). Information technology usage in SMEs in a developing economy. Strategic Change, 24(5).

Darfaz, M. I., Kurniansyah, D., & Febriantin, K. (2023). Tantangan UMKM Indonesia Dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(2), 1734-1741.

TarutÄ—, A., & Gatautis, R. (2014). ICT impact on SMEs performance. Procedia-social and behavioral Sciences, 110, 1218-1225.

inovasi.sragenkab.go.id. Sragen Cluster Corner. Diakses pada 1 September 2024, dari https://inovasi.sragenkab.go.id/daerah/inovasi/sragen-cluster-corner

krjogja.com (2022, 5 Juli). 70.000 UMKM Sragen yang Melek Digital Kurang dari 1 Persen. Diakses pada 1 September 2024, dari https://www.krjogja.com/solo/1242471226/topik-khusus.html

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Akhmad, K. A., Purwanto, E., & Santosa, T. D. (2024). PENGEMBANGAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI DAN PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS DIGITAL PERKUMPULAN PENGUSAHA GADING SUKOWATI SRAGEN. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v%vi%i.15113

Citation Check