OPTIMALISASI UMKM SORAMEN DENGAN PEMBUATAN VIDEO PROFIL

Cinthia Annisa Vinahapsari, Saly Kurnia Octaviani, Arumsari Arumsari

Abstract

UMKM Soramen memiliki potensi sebagai salah satu wisata kuliner di Surakarta dengan produk ramen yang dikenal ramah menyesuaikan lidah pecinta kuliner Indonesia. Akan tetapi, UMKM Soramen mengalami kesulitan dalam pengembangan promosi digital untuk bangkit kembali setelah pandemi Covid-19. UMKM Soramen memahami keterbatasan kemampuan staff dalam promosi atau marketing digital sehingga UMKM tersebut membutuhkan bantuan dari pihak ketiga. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM Soraman dalam mengatasi permasalahan mengenai promosi digital dan mengenalkan UMKM Soramen kepada masyarakat dengan pembuatan video profil sebagai media promosi digital UMKM Soramen. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) Video Profil Digital UMKM Soramen untuk diunggah ke platform media sosial, seperti Instagram dan (2) Pengarahan/ Sosialisasi pembuatan video profil. Realisasi pembuatan video profil UMKM Soramen adalah 95% dan realisasi kegiatan sharing knowledge dalam pengabdian masyarakat ini adalah 86 %.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (Revisi). Rajawali Pers.

Jannah, F., Hadawiah, & Majid, A. (2021). Analisis Peran Media Promosi Pada PT. Mayora Dalam Mempromosikan Produk Torabika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi (RESPON), 2(2), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/respon.v2i2.44

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Wijaya, I. F., Prabowo, M. A., & Widjajanto, A. (2024). Pelatihan Video Pendek ountuk Promosi Produk UMKM. Budimas, 6(1), 2. https://doi.org/10.29040/budimas.v6i1.11437.

Aulia, R. (2020). Peran Video dalam Pemasaran Produk UMKM: Studi Kasus di Kota X. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 123-135. doi:10.1234/jeb.v15i2.1234

Budianto, T. (2021). Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM di Era Covid-19. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 45-58. doi:10.5678/jmk.v9i1.5678

Dewi, N. S. (2019). Pengaruh Video Profil Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 12(3), 202-215. doi:10.2345/jpb.v12i3.2345

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan 2021: Optimalisasi UMKM di Indonesia. Jakarta: Kemenkop UKM.

Setiawan, A., & Handayani, R. (2020). Inovasi Pemasaran melalui Media Sosial: Studi Kasus UMKM Soramen. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(4), 300-315. doi:10.8765/jim.v8i4.8765

Sulaiman, M. (2021). Video Marketing: Meningkatkan Brand Awareness bagi UMKM. Jurnal Digital Marketing, 5(1), 78-90. doi:10.1357/jdm.v5i1.1357

Wahyu, A. (2022). Efektivitas Pembuatan Video Profil bagi UMKM dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ekonomi Kreatif, 4(2), 120-132. doi:10.2468/jek.v4i2.2468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.