PENYULUHAN MENGELOLA STRES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI KAMPUS SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA

Authors

  • Rutinaias Haholongan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Rutinaias Haholongan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Fadli Ghiyats Pertama Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Fadil Herjamy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Fadil Herjamy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Maldino Gigir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Maldino Gigir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15457

Abstract

Stres akademik adalah tantangan umum bagi mahasiswa STIE Jakarta, yang sering dihadapkan pada tuntutan tinggi dan tekanan sosial. Kurangnya kemampuan dalam mengelola stres dapat mengurangi fokus dan motivasi belajar, menghambat pencapaian akademis, dan membuat mahasiswa merasa kurang kompetitif setelah lulus. Oleh karena itu, penyuluhan tentang manajemen stres sangat diperlukan untuk membantu mahasiswa menghadapi tantangan ini.Kegiatan penyuluhan di STIE Indonesia Jakarta bertujuan memberikan pemahaman tentang pengelolaan stres untuk meningkatkan prestasi belajar. Langkah-langkahnya meliputi identifikasi peserta, pemilihan lokasi, dan penyusunan materi. Penyuluhan akan mencakup pemahaman tentang stres, dampaknya, serta teknik manajemen waktu. Metode ini dirancang untuk memberikan keterampilan praktis dalam mengatasi stres di kalangan mahasiswa.hasil penyuluhan menunjukan bahwa masih banyak peserta yang belum memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya manajemen stres dalam kehidupan akademik mereka, tetapi materi yang disampaikan membantu meningkatkan pemahaman mereka.Penyuluhan tentang pengelolaan stres di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta mengungkapkan bahwa stres yang tidak dikelola dapat menghambat prestasi belajar mahasiswa. Sumber stres umumnya berasal dari tekanan akademis dan masalah pribadi. Dengan pemahaman yang baik, mahasiswa dapat menjaga keseimbangan emosional dan psikologis, serta lebih produktif melalui strategi coping seperti manajemen waktu dan teknik relaksasi.

References

Hawari, D. (2004). Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FK UI.

Priyoto. (2014). Konsep Manajemen Stres. Nuha Medika: Yogyakarta

Puji Astuti, S. (2015). PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. In Jurnal Formatif (Vol. 5, Issue 1).

R Haholongan, R Kananto, Z Zulkarnaini, Z Hafianah, R Subhan, F Sari, A C Ariel (2024).Analisis Pengembangan Organisasi Senat Mahasiswa Dengan Himpunan Mahasiswa SINERGI: Jurnal Riset Ilmiah 1 (3), 210-217

R Haholongan. (2018).Stres kerja, lingkungan kerja terhadap turnover intention perusahaan Jurnal Manajemen Indonesia 18 (1)

Riyani, Y., Politeknik, J. A., Pontianak, N., Ahmad, J., Pontianak, Y., & Koresponden, A. (2008) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak).

Safitri, F. (2016). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia The Effect of Motivation and Family Support on Learning Achievement of D-III Product Level II Students of Ubudiyah Indonesia University. In Journal of Healthcare Technology and Medicine (Vol. 2, Issue 2).

Salsabila, A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Haholongan, R., Haholongan, R., Putra, F. G. P., Herjamy, F., Herjamy, F., Gigir, M., & Gigir, M. (2024). PENYULUHAN MENGELOLA STRES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI KAMPUS SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15457

Citation Check