PEMBERDAYAAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) “MULTI GUNA” MELALUI IMPLEMENTASI DAN OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Authors

  • Zaim Arif Eko Saputra Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Putri Nugrahanigsih Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Galuh Tiaramurti Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Denty Arista Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Labbaika Dwi Ayu Rahmawati Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15517

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui secara lebih dalam mengenai berbagai informasi serta permasalahan yang dihadapi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Multi Guna†dengan fokus terhadap anggota maupun karyawan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Multi Gunaâ€. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian ini yaitu menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). Berdasarkan hasil diskusi maupun wawancara yang telah dilaksanakan ditemukan bahwa masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Multi Guna†terutama dalam pemanfaatan maupun optimalisasi pengelolaan website dan aplikasi penjualan secara online. Selain itu juga terdapat permasalahan pada pengelolaan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Multi Guna†yang belum optimal

References

Aisyah S, et al (2023). Pengabdian Masyarakat Pada UMKM Toko Baju Rizky Central Pasar Dalam

Mengimplementasikan Teknologi Marketplace Facebook. JPKMN, 3(2), 1643-1657.

Eko , S., Khasanah, T.I., Widuri, D., Handayani, N., Qomariyah, P., Aksa, S., & Kurniawan, B. (2014). Buku_Desa_Membangun_Indonesia_Sutoro_Eko.

Hastriyandi, H. (2018). Penerapan Sistem Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “USAHA BERSAMA†Desa Sebayan Kabupaten Sambas Perkembangan bisnis online telah merambah dikalangan Masyarakat seiring dengan

perkembangan teknologi, komunikasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 189-

Muryanti, M. (2020). Menuju Kewirausahaan Sosial di Desa melalui Badan Usaha Milik Desa.

Journal Society, 8(1), 163-174.

Oktariyanda, T.A., Tauran, T., Fanida, E. hany, Niswah, F., Megawati, S., & Eprilianto, D. febriyan. (2021). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Branding Produk Unggulan BUMDes Karya Sejahtera, Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 870-875. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2640

Parwoto, P., Widadi, S., & Mukti, G.H. (2021). Digital Marketing Untuk Optimalisasi Promosi BUMDes. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1319-1327. https://doi.org/10.18196/ppm.44.903

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Otonomi Daerah dan Pemerintah

Daerah Badan Usaha Milik Desa. 02 Februari 2021. Badan Pengelola Keuangan Republik

Indonesia.

Rahman, R. (2021). Implementasi Digitalisasi BUMDes Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. Jurnal

Abdimas, 1(1), 1-12.

Wibowo, A., Delima, R., Santoso, H.B., Studi, P., Informasi, S., Informatika, P.S., Informasi, F.T., Kristen, U., Wacana, D., Sosial, M., Desa, P., & Online, P. (2014). Pada Desa Binaan Yayasan Trukajaya Di Jawa Tengah. 88-94

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Saputra, Z. A. E., Nugrahanigsih, P., Tiaramurti, G., Arista, D., & Rahmawati, L. D. A. (2024). PEMBERDAYAAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) “MULTI GUNA” MELALUI IMPLEMENTASI DAN OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15517

Citation Check