RANGKUL ABK: PROGRAM RINTISAN PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BINJAI SUMATERA UTARA

Authors

  • Rafael Lisinus Ginting Universitas Negeri Medan / Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Mirza Irawan Universitas Negeri Medan / Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Erwita Ika Violina Universitas Negeri Medan / Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Asiah Asiah Universitas Negeri Medan / Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Elizon Nainggolan Universitas Negeri Medan / Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Abdul Munir Universitas Negeri Medan / Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16125

Abstract

Pada kegiatan pengabdian ini yang menjadi mitra adalah Forum Musyawarah Guru Bimbingan Konseling Kota Binjai, Sumatera Utara. Forum ini sangat membutuhkan pendampingan terkait dengan permasalahan rendahnya kompetensi guru Bimbingan Konseling dalam mengidentifikasi, melakukan need assesment, dan merancang program pembelajaran individual bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh mitra yakni: 1) Terbatasnya akses untuk mendapatkan pelatihan mengenai pembelajaran anak berkebutuhan khusus; 2) Keberadaan siswa berkebutuhan khusus di sekolah umum; 3) Adanya keterbatasan guru dalam melakukan tidakan profesional sesuai kebutuhan siswa berkebutuhan khusus; dan 4) Tidak tersedianya panduan pelaksanaan layanan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah. Pelaksanaan  pengabdian ini dilakukan dengan metode workshop untuk peningkatan kompetensi porfesional guru serta metode focus group discussion untuk pemanfaatan aplikasi rangkulabk sebagai bentuk inovasi sosial dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Keberhasilan pengabdian ini dapat diukur berdasarkan luaran yang dihasilkan antara lain: peningkatan keterampilan guru dalam mengidentifikasi dan mengukur kebutuhan siswa berkebutuhan khusus; guru memiliki panduan dalam modifikasi kurikulum untuk pengembangan program pembelajaran individu bagi siswa berkebutuhan khusus serta tersedianya program bimbingan konseling bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah.

References

Mudjito, D. (2012). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media Jakarta.

Lukitasari. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(3), 121-134.

Setianingsih. (2017). Implementasi Pendidikian Inklusi: Manajemen Tenaga Kependidikan. Jurnal Malih Pendas, 126-135.

Smith, D. (2015). Sekolah untuk Semua (Teori dan Implementasi Inklusi). Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarmansyah. (2013). Penyiapan Tenaga Kependidikan dalam Kerangka Pendidikan Inklusif. Surabaya: Makalah Temu Ilmiah Nasional

Roux-Marson, C., Baranski, J. B., Fafin, C., Exterman, G., Vigneau, C., Couchoud, C., Moranne, O., & Investigators, P. S. P. A. (2020). Medication burden and inappropriate prescription risk among elderly with advanced chronic kidney disease. BMC Geriatrics, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12877-020-1485-4

Sagnelli, C., Gentile, V., Tirri, R., Macera, M., Cappabianca, S., Ciccia, F., & Coppola, N. (2020). Chronic conventional disease-modifying anti-rheumatic drugs masking severe SARS-CoV-2 manifestations in an elderly rheumatic patient. In Journal of Infection (Vol. 81, Issue 6, pp. 979–997). https://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.05.043

Sismulyanto. (2021). The Butterfly System of Nursing Community (N. M. Adiutama (ed.); 1st ed.). Ahlimedia Press.

Tinnirello, A., Mazzoleni, S., & Santi, C. (2021). Chronic pain in the elderly: Mechanisms and distinctive features. Biomolecules, 11(8). https://doi.org/10.3390/biom11081256

Ublosakka-Jones, C., Tongdee, P., Pachirat, O., & Jones, D. A. (2018). Slow loaded breathing training improves blood pressure, lung capacity and arm exercise endurance for older people with treated and stable isolated systolic hypertension. Experimental Gerontology, 108, 48–53. https://doi.org/10.1016/j.exger.2018.03.023

Downloads

Published

2024-10-26

How to Cite

Ginting, R. L., Irawan, M., Violina, E. I., Asiah, A., Nainggolan, E., & Munir, A. (2024). RANGKUL ABK: PROGRAM RINTISAN PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BINJAI SUMATERA UTARA. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16125

Citation Check