MENINGKATKAN PRODUCT AWARENESS NEW BEAT PT ASTRA INTERNATIONAL MELALUI PROGRAM LAUNCHING DI LIVING WORLD

Authors

  • Putu Ayu Titha Paramita Pika Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia
  • Ni Kadek Winda Yanti Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16174

Abstract

Pengabdian ini mengkaji efektivitas acara launching yang diadakan di Living World sebagai strategi untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap varian baru Honda Beat. Acara ini dirancang dengan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti riding test, band competition, dance competition, konferensi pers, dan cerdas cermat. Setiap kegiatan memiliki tujuan spesifik untuk menarik perhatian pasar sasaran, terutama kaum muda yang membutuhkan sepeda motor praktis, modern, dan bergaya. Melalui kegiatan ini, Honda berusaha membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen sekaligus membedakan produknya dari kompetitor. Analisis SWOT digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terkait peluncuran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa acara ini sangat efektif dalam meningkatkan product awareness, membangun citra positif merek, dan menciptakan pengalaman konsumen yang berkesan. Aktivitas yang interaktif dan melibatkan langsung konsumen, seperti riding test, memberikan kesempatan bagi peserta untuk mencoba langsung produk dan merasakan keunggulannya. Reputasi Honda sebagai merek yang telah lama dipercaya menjadi kekuatan utama mendukung keberhasilan acara. Studi menyimpulkan bahwa kombinasi antara strategi pemasaran yang tepat, pelibatan konsumen secara langsung, dan pengelolaan acara yang kreatif dan profesional berperan penting mendukung kesuksesan varian baru Honda Beat di pasar. Acara tidak hanya berhasil memperkenalkan produk baru, tetapi juga memberikan dampak positif pada citra merek dan keberlanjutannya

Author Biography

Putu Ayu Titha Paramita Pika, Universitas Pendidikan Nasional

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Bladen, C., Kennell, J., Abson, E., & Wilde, N. (2018). Event marketing. Events Management, 158–

https://doi.org/10.4324/9781315695204-7

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.†Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Hairani, D. A., & Handriana, T. (2022). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ) Menbentuk Niat Membeli Produk Elektronik DI E- Commerce, 6(July), 1202– 1217.

Irawan, R. E., & Fridha, M. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness NET TV. Jurnal IQRA, Volume 1(Nomor 1), 720–740.

Juliana, S., & Sihombing, S. O. (2019). Pengaruh Penempatan Produk Dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Membeli. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 19–34. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Marketing management (13th ed.). Erlangga.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Pika, P. A. T. P., & Yanti, N. K. W. (2024). MENINGKATKAN PRODUCT AWARENESS NEW BEAT PT ASTRA INTERNATIONAL MELALUI PROGRAM LAUNCHING DI LIVING WORLD. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16174

Citation Check