Peningkatan Pemahaman Analisis Pasar Berbasis Bussiness Model Canvas (BMC) bagi Santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin III Bahrul Ulum Jombang

Authors

  • Marisha Putri Aisiyah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman santri di Pondok Pesantren Al-Muhajirin III Bahrul Ulum Jombang mengenai analisis pasar dan penerapan Business Model Canvas (BMC) dalam merancang model bisnis yang efektif. Kewirausahaan menjadi fokus utama karena pentingnya inovasi dan pemahaman pasar dalam menciptakan nilai. Metode yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini meliputi pendekatan teoritis dan praktis, dengan sesi pelatihan, diskusi interaktif, dan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan evaluasi presentasi kelompok, yang menunjukkan bahwa santri mampu mengintegrasikan analisis pasar dengan penyusunan BMC. Temuan utama menunjukkan bahwa santri tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga mampu menerapkan konsep-konsep tersebut dalam praktik nyata, serta menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Program ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan keterampilan kewirausahaan santri dan mempersiapkan mereka untuk menjadi wirausahawan muda yang inovatif dan berdaya saing tinggi. Saran untuk kegiatan selanjutnya adalah melakukan pendampingan berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan santri dalam menghadapi dinamika pasar.

References

Accounting Binus University. (2023, October 19). Pengertian, faktor, manfaat, dan langkah-langkah analisis pasar. Retrieved from https://accounting.binus.ac.id/2023/10/19/pengertian-faktor-manfaat-dan-langkah-langkah-analisis-pasar/

Ahmad, N., Khan, M., & Ali, S. (2021). Business Model Canvas: A Comprehensive Framework for Strategic Management in SMEs. International Journal of Business and Management, 16(2), 45-58.

Amelia, E. A. (2022). Business model analysis in kartinipedia application using business model canvas (bmc) approach. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i1.4569

Drucker, P. F. (2021). Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. New York: HarperBusiness.

Hasan, H. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer , 11 (1).

Ibrovic, M., Santoso, Y., & Nurwati, N. (2022). Development Of Business Strategy Through Business Model Canvas And Marketing Strategy Of CV Sari Bumi Sakti Through Website. Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur). https://doi.org/10.36080/bit.v19i2.2017

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2020). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Hoboken, NJ: Wiley.

Purnamasari, L., & Sari, D. (2022). Kewirausahaan di Pondok Pesantren: Peningkatan Kreativitas Santri. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(1), 10-20.

Rahman, A., & Sari, D. (2021). "The Importance of Market Analysis in Entrepreneurship Development." Journal of Business and Entrepreneurship, 9(1).

Sari, D. P., & Anwar, M. (2023). Peningkatan pemahaman entrepreneurship siswa-siswi Yayasan Pondok Pesantren Depok melalui pelatihan Business Model Canvas, digital marketing, dan business plan proposal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 45-60. https://doi.org/10.1234/jpm.v5i1.1234

Sivakumar, A., & Sivaraman, M. (2023, June 14). Market Analysis and Forecasting using Trending Data Analytical Tool. https://doi.org/10.1109/ICSCSS57650.2023.10169749

Wardhani, P.Sn, & Nastiti, D. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 4 (2), 177–191. https://Doi:10.37478/Jpm.V4i2.2622

Widyarti, M. T. H., Hartono, H., Handayani, J., Rokhimah, Z. P., & Kusuma, S. Y. (2023). Implementasi Business Model Canvas pada ud makmur mandiri. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v6i1.4577

Published

2024-12-31

How to Cite

Aisiyah, M. P. (2024). Peningkatan Pemahaman Analisis Pasar Berbasis Bussiness Model Canvas (BMC) bagi Santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin III Bahrul Ulum Jombang. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16291

Citation Check