UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM UNTUK GENERASI USIA DINI PADA LEMBAGA TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPA) DI KECAMATAN SIMAN PONOROGO

Authors

  • Yusuf Al Manaanu Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Riza Ashari Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Setiawan bin Lahuri Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Wahyu Septrianto Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Arif Dian Santoso Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Yogi Banar Sasongko Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Hendri Setiyo Wibowo Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan pendampingan di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) di Kecamatan Siman Ponorogo yang bertujuan menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak usia dini. Program ini mencakup pelatihan guru, penerapan metode pembelajaran interaktif, dan kegiatan praktis yang mengajarkan ibadah sehari-hari. Kurikulum disusun untuk mencakup nilai-nilai Islam, dan kelas tematik serta media pembelajaran interaktif digunakan untuk meningkatkan minat anak-anak. Evaluasi berkala dan sosialisasi dengan orang tua turut dilakukan untuk memastikan efektivitas program. Hasilnya, terdapat peningkatan pemahaman agama, kualitas pengajaran, dan partisipasi orang tua, serta terbentuknya karakter anak-anak yang lebih baik. Rekomendasi meliputi pengembangan program berkelanjutan, peningkatan kerjasama dengan pihak terkait, dan penyediaan sarana serta prasarana yang memadai

References

Ainiyah, N. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Al-Ulum, 13(1).

Alfiyah, H. Y., Fauziyah, A. N., & Masfufah. (2016). PENGEMBANGAN KAPASITAS GURU MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI MINU WARU SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1).

Darmawan, D., Sudrajat, I., Maulana, M. K. Z., & Febriyanto, B. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1).

Farikhah, D., & Sikin, N. (2022). Urgensi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1).

Herzawati, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Agama Dalam Membangun Karakter Generasi Mellennia Di Era Globalisasi. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1).

Illahi, N. (2020). PERANAN GURU PROFESIONAL DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL. Jurnal Asy- Syukriyyah, 21(1).

Muslimah, Maysara, N. W., & Wahdah, N. (2022). Pelatihan Tenaga Pendidik TPA(Taman Pendidikan Al-Quran) Di Sidomulyo Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 2(4).

Priyadi, U., Hidayat, S. N., & Islamawati, A. (2013). PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN DENGAN PEMBUATAN KURIKULUM TPA. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1).

Saptrians, R., & Kadir, M. (2022). PERAN TPQ DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN. Educandum, 8(1).

Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2).

Syamsudduha, S. (2017). PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI SEKOLAH PADA SDIT AL FITYAN KABUPATEN GOWA. Jurnal Al-Kalam, IX(2).

Utama, S. S. R., Ekawati, Y., Siregar, P. A., & Abdi, F. H. (2023). PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL - QURAN (TPA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL - QURAN DAN MEMBANGUN AKHLAKUL KARIMAH BAGI PESERTA DIDIK DI TPA SYUHADA, DUSUN SUMBER JAYA, DESA MUKTI MAKMUR KECAMATAN SIMPANG KIRI, KABUPATEN SUBULUSSALAM. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1).

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Al Manaanu, Y., Ashari, R., Lahuri, S. bin, Septrianto, W., Santoso, A. D., Sasongko, Y. B., & Wibowo, H. S. (2025). UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM UNTUK GENERASI USIA DINI PADA LEMBAGA TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPA) DI KECAMATAN SIMAN PONOROGO. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(1). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/16403

Citation Check