PENDAMPINGAN INOVASI BISNIS PARFUM HIPOALERGENIC

Authors

  • Yohanes Fabiyola Halan Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
  • Richard Andrew Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
  • Stanislaus Adnanto Mastan Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
  • Lusy Lusy Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v7i1.16426

Abstract

Pendampingan inovasi bisnis meruapakan suatu hal yang penting dalam suatu implementasi pengembangan ide dan inovasi dari suatu bisnis yang tertuang dalam melakukan penjualan produk maupun jasa. Di era revolusi industri 5.0, setiap bisnis harus selalu berinovasi dengan bantuan teknologi yang ada, dan disini Sering kali bisnis dibuat secara asal-asalan tanpa melihat metode yang benar dan tepat. Alasan pemilihan topik pengabdian masyarakat ini agar sesuai urgensi saat ini membantu pemikiran mengenai inovasi bisnis khususnya parfum hipoalergenic di era sekarang. Metode pengabdian dilakukan secara kualitatif dengan penerjungan langsung dalam membantu individu dalam membentuk bisnis mereka, metode focused group discussion, observasi dan partisipasi dilakukan dalam laporan ini. Ringkasan hasil didapat bahwa pembantuan perancangan inovasi bisnis khususnya parfum hipoalergenic melalui analisis operasional dan perhitungan HPP. Hal ini berkaitan dan memperhatikan dari sisi customer/market dan juga keuangan. Pengabdian masyarakat ini memiliki hasil yang penting dalam perancangan bisnis parfum anak muda gen z diera sekarang

References

Adminlina. (2020). Kosmetik Impor Menggerogoti Pasar Dalam Negeri. Pelaku Bisnis.Com. https://pelakubisnis.com/2020/02/kosmetik-impor-menggerogoti-pasar-dalam-negeri/

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Iman. (2019). Mungkinkah Parfum Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya? New.Yesdok.Com. https://new.yesdok.com/id/article/mungkinkah-parfum-menggunakan-bahan-kimia-berbahaya

Martiyanti, D., Alghifari, M. F., & Aisyah, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Search Engine Optimization (SEO) sebagai Upaya Mengoptimalkan Pemasaran Digital UMKM. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(2), 181. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i2.10938

Ramdhani, M. Y. U. W. (2021). Barang KW: Ini Pendapat Mereka Tentang Produk Replika. https://kumparan.com/yudhistiraulu24/barang-kw-ini-pendapat-mereka-tentang-produk-replika-1vmMgUBmNmD

Sasmito, G. W., Dyah, A., & Nishom, M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Penguatan Home Industri Di Kelurahan Pesurungan Lor, Kota Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 1(1), 21–25. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JPMT/article/view/3609

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Halan, Y. F., Andrew, R., Mastan, S. A., & Lusy, L. (2025). PENDAMPINGAN INOVASI BISNIS PARFUM HIPOALERGENIC. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v7i1.16426

Issue

Section

Articles

Citation Check