PENGEMBANGAN OLAHAN DAUN SINGKONG MENJADI PRODUK LOKAL KERIPIK DAUN SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN UMKM DESA PETANANG

Authors

  • Nisrina Qothrunnada Universitas Indo Global Mandiri, Indonesia
  • Angelya Putri M Universitas Indo Global Mandiri
  • Ni Putu Dayu Dt Universitas Indo Global Mandiri
  • Mgs. Prima Darma Putra Universitas Indo Global Mandiri
  • Meilin Veronika Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v7i1.16470

Abstract

Desa Petanang merupakan salah satu desa/kecamatan di Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Desa Petanang merupakan daerah dengan potensi hortikultura singkong. Potensi tersebut dapat dioptimalkan dengan menghasilkan produk olahan. Saat ini, beberapa produk olahan dari singkong sebagai bahan utama di Desa Petanang antara lain emping, kelasan, dan kerupuk singkong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, masyarakat Desa Petanang dapat memproduksi, mengolahnya kembali, dan menjual hasil produksinya. Karena di Desa Petanang belum ada yang menjualnya, meskipun sudah didukung oleh pemerintah desa sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengolahan singkong menjadi produk lokal baru guna meningkatkan UMKM dan menambah daya tarik Desa Petanang

References

Hamzah, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro,Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 14.

Hartati, L., Hendarmin, R., & Syafitri, L. (2021). Pelatihan Pemberdayaan Jus Sirsak Sebagai Minuman Kesehatan Olahan Alami Pencegah Kanker. PRIMA : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10.

Hertati, L., & Asmawati. (2022). Determinans PSAK 23 Terhadap Penyajian Pelaporan Keuangan Perusahaan Dagang Era Pademic Covid-19 Pada UMKM Di Indonesia. MEDIA MANAJEMEN JASA, 10(1).

Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022). The Sales Volume and Operating Costs as Key Influencing Factors in Covid-19 Pandemic Era. Global Journal of Accounting and Economy Research, 3(1), 23.

Sofyan Munawar, S., Juningsih, E. R., & Maulana, D. S. (2015). Peran Komunikasi Pemasaran Dalam Sudut Pandang UMKM: Pembelajaran Untuk Pemberdayaan UMKM. Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas, 10.

Terttiaavini, T., Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2019). Pengembangan Kewirausahaan “Kemplang Tunu†Sebagai Produk Cemilan Khas Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1).

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 11.

Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital Di Kota Bandung. Equilibrium, 7(January), 10.

Wahyuningsih, & Desti Rahma Sari, et al. (2022). Pengembangan Produk Lokal Singkong Menjadi Keripik Singkong Rasa Balado Khas Desa Petanang - PROGRAM MBKM KKN TEMATIK. Jurnal Ekonomi, 6

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Qothrunnada, N., M, A. P., Dayu Dt, N. P., Darma Putra, M. P., & Veronika, M. (2025). PENGEMBANGAN OLAHAN DAUN SINGKONG MENJADI PRODUK LOKAL KERIPIK DAUN SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN UMKM DESA PETANANG. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v7i1.16470

Issue

Section

Articles

Citation Check