PELATIHAN PEMANFAAT TEKNOLOGI DESAIN UI/UX UNTUK PEMBUATAN APLIKASI MOBILE “STUDI KASUS : SMK MUHAMMADIYAH 03 KARANGANYARâ€
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16642Abstract
Smk Muhammadiyah karanganyar merupakah sekolah kejuruan yang terdiri dari jurusan teknik komputer jaringan dan Multimedia yang berada di kota karanganyar. Smk Muhammadiyah karanganyar meruapakan Smk di bawah naungan yayasan muhammadiyah. Dari permasalah yang terjadi bahwa 90% Siswa Smk Muhammadiyah 03 Karanganyar belum mengenal bidang UI/UX yang digunakan untuk merancang sebuah aplikasi mobile learning dari survey dan observasi yang telah dilakukan . Maka Peneliti mengadakan sebuah pelatihan tentang cara merancang sebuah aplikasi mobile. Aplikasi mobile merupakan sebuah aplikasi yang saat ini sangat perkembangan. Peneliti memberikan sebuah keilmuan tentang cara mendesain sebuah aplikasi berbasis mobile sesuai dengan prinsip desain UI/UX. Peneliti memberikan 2 sesi pelatihan yaitu pada sesi I adalah materi tentang prinsip desain user friendly dengan tujuan peserta mempunyai sebuah keahlian untuk mendesain sebuah protype aplikasi yang user friendlya dan pada sesi II peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikan cara untuk mendesain protype sebuah aplikasi berbasis mobile. Untuk menunjang penguasaan materi peneliti memberikan sebuah modul buku dan video tutorial sehingga para peserta dapat belajar Kembali setelah pelatihan ini selesai. Dari hasil data quisioner pelatihan ini 80% mudah dipahami dan memberikan kontribusi keilmuan tentang desain ui/ux. Â
References
P. Ui, U. X. Menggunakan, F. Untuk, and M. Kompetensi, “Pelatihan UI / UX Menggunakan Figma Untuk Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Desain Guru MGMP RPL SMK Provinsi Jawa Timur,†no. January, 2023, doi: 10.14414/kedaymas.v3i1.3555.
I. Artikel, “Pelatihan Keterampilan Desain UI / UX Bagi Karang Taruna dan Taman Bacaan Masyarakat Candiretno,†vol. 4, no. 4, pp. 4201–4206, 2023.
R. L. Hasanah, E. H. Hermaliani, and N. Merlina, “Pelatihan Desain UI / UX Mobile Apps Untuk Remaja Masjid Jakarta Islamic Centre Menggunakan Figma,†pp. 2–7.
A. N. Ikhsan, A. N. Fadilah, and I. Faizal, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Canva Di Smk Negeri Kebasen,†SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 7, no. 2, p. 1273, 2023, doi: 10.31764/jpmb.v7i2.15211.
T. Sutabri, U. B. Darma, S. User, and D. Solutions, “J-Icon : Jurnal Informatika dan Komputer DESAIN DAN IMPLEMENTASI UI / UX KURSUS PROGRAMMING ONLINE J-Icon : Jurnal Informatika dan Komputer,†vol. 11, no. 2, pp. 203–209, 2023, doi: 10.35508/jicon.v11.i2.12288.
K. Nisa, R. Aulianita, S. N. Rakhmah, N. Yunita, and U. N. Mandiri, “Jurnal Aruna Mengabdi (Armi) Pelatihan Ui/Ux Menggunakan Figma Untuk Design Pemasaran Penjualan Produk Pada Pkk Papan Mas Tambun Selatan,†vol. 1, no. 2, pp. 95–102, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.lotusaruna.id/index.php/armi
R. B. B. Sumantri, R. Suryani, and R. A. Setiawan, “Pelatihan Desain Prototipe Sistem Informasi Siswa SMK Menggunakan FIGMA,†vol. 2, no. 3, pp. 767–773, 2023.
I. D. Iskandar and Taufiqurrochman, “Implementasi Algoritma Edit Distance Pada Pengembangan APlikasi E-Learning BSI Menggunakan Metodologi Waterfall,†Pros. Semnastek 2018, vol. 17, pp. 1–6, 2018.
A. B. Putra and S. Nita, “Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web ( Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Kare Madiun ),†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2019, vol. 1, no. 1, pp. 81–85, 2019.
A. Fadlil, Murinto, A. A. Firdaus, and D. Rifaldi, “Pengenalan Dan Pelatihan UI/UX Serta Jenjang Karir Di Masa Depan untuk Siswa Siswi SMK Informatika Wonosobo,†Humanism J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 299–314, 2023, doi: 10.30651/hm.v4i3.20285.