Peningkatan Literasi Pendidikan Melalui Buku Pengantar Pendidikan Berbasis Digital
Abstract
Perkembangan teknologi digital menghadirkan tantangan dalam meningkatkan literasi pendidikan, khususnya di kalangan mahasiswa. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Negeri Makassar menghadapi kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar pendidikan yang relevan dengan bidang mereka. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan buku Pengantar Pendidikan berbasis digital sebagai alat bantu pembelajaran. Metode rancangan kegiatan, cara pemilihan khalayak sasaran, bahan dan alat yang digunakan, desain alat beserta kinerja dan produktivitasnya, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari program menunjukkan 75% mahasiswa aktif berpartisipasi dalam diskusi kelas, sementara 25% mahasiswa lainnya menunjukkan tingkat partisipasi yang lebih rendah atau pasif. Walaupun terdapat beberapa tantangan dalam penggunaan teknologi, program ini berhasil meningkatkan keterampilan literasi digital mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan perlunya dukungan teknis dan pelatihan lebih lanjut untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan membangun budaya literasi digital berkelanjutan. Secara keseluruhan, pengabdian ini berkontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, serta membuka peluang untuk pengembangan pembelajaran digital yang lebih efektif di masa depan.