Peningkatan Keterampilan Komunikasi Literasi pada Anak Melalui Program Penyuluhan Title Improving Literacy Communication Skills in Children Through Extension Programs

Authors

  • Musdalipa R. IAI DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Indonesia
  • Baharuddin IAI DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh program penyuluhan komunikasi literasi terhadap peningkatan keterampilan literasi dan komunikasi anak-anak. Program penyuluhan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca, menulis, serta keterampilan berbicara dan mendengarkan yang efektif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti program penyuluhan dan kelompok kontrol yang tidak menerima intervensi. Data dikumpulkan melalui tes literasi sebelum dan sesudah program, serta observasi terhadap kemampuan komunikasi anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengikuti program penyuluhan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan literasi mereka, terutama dalam keterampilan berbicara dan membaca. Selain itu, mereka juga menunjukkan peningkatan dalam keterampilan komunikasi interpersonal dan pemecahan masalah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program penyuluhan komunikasi literasi dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi pada anak-anak, terutama di daerah dengan akses pendidikan yang terbatas. Disarankan agar program serupa diterapkan di berbagai daerah untuk memperluas manfaatnya bagi masyarakat.

Published

2025-04-30

How to Cite

Musdalipa R., & Baharuddin. (2025). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Literasi pada Anak Melalui Program Penyuluhan Title Improving Literacy Communication Skills in Children Through Extension Programs . BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(1). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/17032

Citation Check