PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENDUKUNG MEDIA PEMBELAJARAN DEEP LEARNING APPROACH KB - TK PL SOEGIJAPRANATA KLATEN BERBASIS WEB

Authors

  • Chriswardana Bayu Dewa Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.18501

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak - Kanak (TK). Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran serta menarik minat belajar anak. Salah satu teknologi yang mulai berkembang dalam dunia pendidikan adalah Artificial Intelligence (AI), terutama dalam bentuk media interaktif dan adaptif berbasis Deep Learning. Deep Learning adalah pendekatan yang menekankan pemahaman mendalam dan partisipasi aktif siswa, bukan sekadar menerima informasi secara pasif. AI memungkinkan personalisasi pembelajaran berdasarkan gaya belajar dan kemampuan anak, serta membantu guru dalam mengidentifikasi kebutuhan khusus peserta didik. Dengan memanfaatkan AI dan deep learning, media pembelajaran dapat dirancang untuk lebih responsif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan kognitif anak usia dini. Sekolah PAUD dan TK PL Soegijapranata Klaten sebagai salah satu institusi pendidikan yang inovatif, memiliki potensi besar untuk mengintegrasikan teknologi AI dalam proses pembelajarannya. Permasalahannya : Mitra dalam hal ini Sekolah KB - TK PL Soegijapranata Klaten memiliki SDM Guru yang belum memadai secara kemampuan teknologi untuk menghadirkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kurikulum Deep Learning. Hal ini selaras dengan tekad sekolah tersebut untuk menghadirkan quality of education sebagai bagian dari Sustainability Development Goals (SDGs). Solusi untuk mitra : Solusi yang ingin dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan penggunaan AI sehingga para guru pada khusunya dan siswa dan orang tua/wali siswa pada umumnya dapat menciptakan media pembelajaran yang berkualitas, serta diciptakannya sebuah learning management system yang dapat digunakan oleh sekolah tersebut yang sudah berisi dengan media pembelajaran menarik sesuai kurikulum Deep Learning

Published

2025-12-20

How to Cite

Dewa, C. B. (2025). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENDUKUNG MEDIA PEMBELAJARAN DEEP LEARNING APPROACH KB - TK PL SOEGIJAPRANATA KLATEN BERBASIS WEB. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.18501

Citation Check