PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BAGI PELAKU UMKM DI DESA TEGALARUM KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Edy Mulyantomo, Ardiani Ika Sulistyawati, Dian Triyani

Abstract

Khalayak sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para pelaku UMKM yang ada di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Permasalahan utama yang dihadapi oleh para pelaku UMKM ini adalah pernah melakukan pencatatan transaksi keuangan secara sederhana dan kronologis sehingga tidak dapat diketahui kondisi keuangan dan perkembangan usaha yang dilakukan. Oleh karena itu tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman dan juga pelatihan tentang pentingnya pencatatan transaksi yang terjadi pada UMKM. Kegiatan ini menggunakan metode penyuluhan dan juga pelatihan contoh transaksi usaha secara sederhana. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan di bidang pembukuan sederhana pada para pelaku UMKM.

Kata kunci : pencatatan, transaksi ekonomi, UMKM

Full Text:

PDF

References

Industri Penunjang Industri kreatif dan Industri Kreatif tertentu, tahun 2010 – 2014.

Kardiman, Drs; Agus Suranto, S.Pd; Drs. H. Sudibyo. A.P, 2007. Sejarah Perkembangan Akuntansi. http://id.shooving.com

Lardin Korawijayanti dan Th. Tyas Listyani, Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah terhadap Keberdayaan Perempuan di Jawa Tengah. Ragam, Vol.9 No.2, Agustus 2009 :166 -182.

LanangWibisono, 2012 Semarang Pasang Target Terbaik dalam Lomba UMKM dan Koperasi Se-Jateng. http://www.suaramerdeka.com

Soemarso SR, 1990. Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi 4. Buku 1. Rineka Cipta, Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.