PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA

Penulis

  • V. Devina Setyawati Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya, Indonesia
  • Doni Harun Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya, Indonesia

Abstrak

Pengabdian Kampus yang dilaksanakan bertujuan untuk membantu dan mengurangi permasalahan dan kendala dalam pembelajaran dalam jaringan (Daring). Dalam program ‘Bakti Kampus’ ini kami membantu dosen untuk meningkat kan kualitas pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh Universitas Katolik Darma Cendika. Tujuan dari program ‘Bakti Kampus’ ini untuk memudahkan dosen berinteraksi kepada mahasiswa tentunya, serta membuat pembelajaran jarak jauh ini semakin efektif dan interaktif agar mahasiswa mudah memahami hal yang telah disampaikan oleh dosen melalui beberapa alternatif metode pembelajaran diantaranya e-learning dan pembuatan video tutorial. Adapun target yang dimiliki dalam metode pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dan meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh dosen. Beberapa program telah dilaksanakan yaitu: membuat Google Classroom, membuat video tutorial, membuat desain powerpoint, dan membantu dosen menggunakan Zoom Meeting. Program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik, karena dalam menyusun program tersebut kami berkonsultasi serta berdiskusi kepada dosen-dosen Universitas Katolik Darma Cendika, sehingga program tersebut dapat di terima oleh dosen dan mahasiwa karena sesuai kebutuhan dan dianggap mampu memjawab keresahaan yang selama ini dirasakan dosen maupun mahasiswa Kata Kunci: pembelajaran jarak jauh, pengembangan kualitas, pandemic Covid-19.

Referensi

Adiwibowo R dan T Fidowaty (2013) Pengaruh Efektivitas Kuliah Online Dalam Website Terhadap Prestasi KAdemik UNIKOM. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol III No. 1

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E.,Triwiyanto,T. (2017) Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI, 1, 37-47

Kuntarto, Eko. (2017) Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. ILEAL: Indonesian Language Education and Literature. Volume 3, Nomor 1. Universitas Jambi

Menteri Pendidikan. (2020) Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus(COVID-19)

Simonson, M. (2019) Distance Learning Journal (Book 2) (Vol 16). Charlotte: Information Age Publishing.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaTentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Syah, R. H. (2020) Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i,7(5).

Wahyu Aji Fatma Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan,2(1), 4-12

Yuniarti, R.D. (2010) Potensi E-Learning Melalui Kuliah Online dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Prodi Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI, Jurnal Manajerial Vol. 8 No. 16

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Setyawati, V. D., & Harun, D. (2021). PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 203–208. Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/2307

Citation Check