PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN TEGAL

Authors

  • Rahmawati Prihastuty Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Siti Nuzulia Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Amri Hana Muhammad Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Abdul Aziz Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dyah Ayu Rahmawati Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Siti Nur Dzakiyyatul Khasanah Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Oktav Awangga Putra Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Rendahnya tingkat kompetensi guru dalam mengindentifikasi kepribadian siswa berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam memahami kepribadiannya. Hal ini juga secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada beberapa hal salah satunya yaitu kemampuan siswa dalam melakukan perencanaan karir. Peningkatan kompetensi guru dalam mengindentifikasi kepribadian siswa perlu dilakukan untuk meningkatkan peran guru dalam memfasilitasi siswa untuk dapat melakukan perencanaan karir yang baik yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masa depan siswa. Pengabdian masayarakat berupa Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengidentifikasi Kepribadian Siswa dilakukan Madrasah Aliyah Ma’hadut Tholabah di Kabupaten Tegal. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengindentifikasi kepribadian siswa sehingga siswa terfasilitasi untuk melakukan perencanaan karir, Metode yang digunakan dengan workshop. One group pretest-posttest design dengan satu kali pretest dan satu kali posttest digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan skor kompetensi guru mengenai identifikasi kepribadian siswa untuk perencanaan karir. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan hasil positive ranks pada 19 peserta dan ties pada 1 peserta dengan nilai z sebesar -3.660 dengan ¬p = 0.000 (<0.001). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara skor kompetensi guru mengenai identifikasi kepribadian siswa sebelum dan sesudah pelatihan.

Author Biographies

Rahmawati Prihastuty, Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Ketua Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Siti Nuzulia, Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Dosen Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Amri Hana Muhammad, Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Sekretaris Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Abdul Aziz, Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Kepala Laboratorium Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Dyah Ayu Rahmawati, Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Dosen Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Siti Nur Dzakiyyatul Khasanah, Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Oktav Awangga Putra, Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Jurusan Psikologi - Universitas Negeri Semarang

References

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Tehnik Modeling Tehadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 45-56.

Antoniu, E. (2010). Career planning process and its role in human resource development. Annals of the University of PetroÅŸani, Economics, 10(2), 13-22

Damayanti, D., & Widyowati, A. (2018). Peningkatan Career Decision Making Self Efficacy (CDMSE) Melalui Pelatihan Perencanaan Karir Pada Siswa SMK. Humanitas, 35-45.

Djamarah, S. (2005). B. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Dillard. J. M. (1985). Lifelong Career Planing. Ohio: A bell & Howell Company Columbus.

Fadlillah, A. M., & Ruhjatini, D. (2019). Edukasi perencanaan karir bagi siswa-siswi SMA di Kecamatan Limo,Bogor. Jurnal Pemberdayaan, 327-340.

Harahap, R. N., & Muslim, K. (2018). Peningkatan Akurasi Pada Prediksi Kepribadian MBTI Pengguna Twitter Menggunakan Augmentasi Data. Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 815-822.

Irmayanti, R. (2019). Perencanaan Karir Pada Siswa SMP. Quanta, 1-6.

Laksana, T. G., & Permata, D. I. (2016). Identifikasi Kepribadian Siswa Melalui Penerapan Sistem Pakar Dengan Teknik Forward Chaining. Senapati, 265-273.

Novitasari, L. L. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa SMP Ditinjau dari Kepribadian MBTI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 631-646.

Putri, O., & Bundayawan, K. (2020). Sistem Pakar Identifikasi Kepribadian Remaja dengan Metode Forward Chaining. VOTE TEKNIKA, 31-39.

Rahmalia, R., & Nugraha, S. P. (n.d.). Pengaruh Pelatihan Me and My Future untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru BK tentang Perencaanaan Karir Peserta Didik.

Rohm, A. Robert. 2000. Positive Personality Profiles: “d-i-s-c-over†personality insight to understand yourself- and others!, Atlanta, Ga: Personality insights.

Sahrah, A., & Yuniasanti, R. (2018). Efektivitas Pelatihan Pemberian Dukungan Sosial pada Walinapi dengan Metode Bermain dan Permainan Peran. Jurnal Psikologi, 45(2), 151-163.

Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier MelauiI Bimbingan Karir Media Mind Mapping. Juang Wahana Konseling, 20-29.

Supriatna, Dadang. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran Pusat Pengembngan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta

Suseno, H. (2017). Pola Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 57-64.

Tartilan, A., Aspin, & Rudin, A. (2017). Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir Terhadap Perencanaan Karir Siswa SMA negeri 1 Lawa. BENING, 133-144.

Ulfa, M. (2017). Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 10 Metro Timur.

Waddel, J. & Maggie B. 2005. Career Planning and Developmental for Students: Building a Career in Professional Practice Discipline. Canadian Journal of Career Development, 4(2), 4.

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Prihastuty, R., Nuzulia, S., Muhammad, A. H., Aziz, A., Rahmawati, D. A., Khasanah, S. N. D., & Putra, O. A. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN TEGAL. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 465–472. Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3538

Citation Check